Round-Up

Deretan Kota yang Turunkan Baliho Habib Rizieq

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 22 Nov 2020 07:32 WIB
Baliho bergambar Habib Rizieq Syihab (HRS) di Kota Semarang, Jawa Tengah diturunkan petugas Satpol PP Kota Semarang.
Baliho bergambar Habib Rizieq Syihab (HRS) di Kota Semarang, Jawa Tengah diturunkan petugas Satpol PP Kota Semarang. (Angling Adhitya Purbaya/detikcom)
Jakarta -

Aparat di sejumlah daerah menertibkan baliho-baliho bergambar pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Syihab. Penertiban ini dilakukan dari Jakarta hingga Solo.

Sebagaimana diketahui, penurunan baliho Habib Rizieq mulanya terekam dalam video dan sempat viral. Baliho itu diturunkan oleh anggota TNI. Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman menyatakan penurunan baliho itu memang atas perintahnya.

"Ada berbaju loreng menurunkan baliho Habib Rizieq itu perintah saya. Karena berapa kali Pol PP menurunkan, dinaikkan lagi. Perintah saya itu," kata Mayjen Dudung, Jumat (20/11).

Dudung menegaskan ada aturan yang harus dipatuhi terkait pemasangan baliho. Ia meminta tidak ada pihak yang seenaknya sendiri dan merasa paling benar.

Terkait video viral penurunan baliho tersebut, FPI menyinggung tugas TNI.

"Tugas TNI setahu saya, selain operasi militer adalah tugas-tugas khusus yang berdasarkan perintah presiden," kata juru bicara FPI Munarman kepada wartawan, Jumat (20/11/2020).

Munarman mempertanyakan keterlibatan TNI dalam penurunan baliho itu. Dia juga menyinggung soal tugas operasi militer selain perang. Munarman menyinggung soal Pasal 7 ayat (3) UU 34/2004 yang menyebutkan bahwa OMSP dilaksanakan berdasarkan kebijakan dan keputusan politik negara.

Simak video 'Pencopotan Baliho Habib Rizieq oleh TNI di Petamburan Ricuh':

[Gambas:Video 20detik]



Penurunan baliho Habib Rizieq ini terjadi di beberapa kota. Berikut ini daftar kota yang turut menurunkan baliho Habib Rizieq:

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5