Bisa Diberhentikan Mendagri Gegara Acara Rizieq, RK Kutip Al-Qur'an

Danu Damarjati - detikNews
Jumat, 20 Nov 2020 17:53 WIB
Curhat soal Corona, Ridwan Kamil ngaku pernah dibawa mimpi
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Yudha Maulana/detlkcom)
Jakarta -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) merespons risiko kena sanksi pemberhentian dari Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian gara-gara kasus kerumunan acara Habib Rizieq di Bogor. RK mengutip Al-Qur'an.

"Pak, katanya nanti disanksi oleh Mendagri, mungkin ada pertanyaan, ya. Saya kira urusan di republik ini kita serahkan kepada aturan perundang-undangan, karena pada dasarnya semua jabatan ini ada risikonya, tapi harus berasaskan adil," kata Ridwan Kamil di Markas Besar Polri, Jl Trunojoyo, Jakarta Selatan, Jumat (20/11/2020).

Dia memahami, pemberhentian kepala daerah dilakukan apabila seorang kepala daerah melakukan tindakan tercela. Namun, saat ini, masalahnya bukan perbuatan tercela kepala daerah, namun kondisi di masyarakat yang dinamis.

"Tapi kalau dinamikanya datang dari pihak masyarakat, ya masa logika ini diperlakukan. Tapi kita setuju itu," kata Ridwan Kamil.

"Walaupun bagi saya secara pribadi yang namanya jabatan itu kan hanya sementara, bukan segalanya. Saya diajari dalam syariatnya," kata Ridwan Kamil seraya mengutip ayat dalam Alquran.

Selanjutnya, Ridwan Kamil mengutip ayat Al-Qur'an:

Selanjutnya
Halaman
1 2