Waspada Musim Telur Ular Menetas, Warga Ciputat Temukan Anak Kobra di Dapur

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 20 Nov 2020 16:48 WIB
anak ular kobra
Anak ular kobra yang ditemukan di dapur salah satu rumah warga di Ciputat (Foto: dok. Istimewa)
Tangerang Selatan -

Seorang warga di Ciputat, Tangerang Selatan (Tangsel), menemukan anak ular kobra di rumahnya. Sontak, penemuan ular ini mengagetkan karena posisi ular berada di dapur.

"Anak saya yang lihat anak kobra hitam di dapur, langsung saya cari," ujar warga tersebut saat dihubungi, Jumat (20/11/2020).

Kobra itu pun berhasil ditemukan dan diusir. Ukuran ular itu memang tergolong masih kecil, tapi tetap saja membuat waswas.

Peristiwa penemuan anakan ular ini sempat heboh pada tahun lalu. Ketua Yayasan Sioux Ular Indonesia, Aji Rachmat, pernah mengingatkan bahwa musim hujan ini merupakan periode telur-telur ular menetas.

"Bulan November dan Desember adalah bulan menetasnya telur-telur ular karena proses siklus biologi alami mereka. Seperti tahun lalu, banyak ditemukan bayi-bayi kobra di sekeliling rumah tinggal kita," kata Aji dalam keterangan tertulis, Senin (9/11/2020).

"Makanan ular/mangsa banyak di temukan di sekitar hunian. Dari cacing-jangkrik-kadal-kodok-tikus hingga burung merupakan prey alami ular yang mudah ditemukan. Mangsa-mangsa ini akan mengundang ular hadir di sekitar tempat tinggal warga dan jika ada area yang nyaman, ular akan berkembang biak," imbuhnya.

Jumlah ular bisa banyak karena predator alami ular semakin tipis. Hewan musang, garangan, dan biawak adalah predator pemangsa telur serta bayi ular. Burung elang, burung hantu, dan burung karnivora lainnya juga sudah tidak banyak lagi.

"Sehingga tidak ada kontrol populasi ular secara alami di alam," kata Aji.

Kondisi perumahan pun disebut berpengaruh pada perkembangan ular. Maksudnya?

Selanjutnya
Halaman
1 2