Ular King Kobra Menyelinap ke Rumah PNS Pangandaran

Faizal Amiruddin - detikNews
Senin, 06 Jan 2020 21:18 WIB
Petugas BPBD Pangandaran menangkap ular king kobra di rumah milik PNS. (Foto: istimewa)
Pangandaran - Seekor ular kobra menyelinap ke rumah milik Yadi, warga Karangbenda, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Senin (6/1/2020). Si empunya rumah ketakutan.

Awalnya ular tersebut terlihat bergerak dan bersembunyi di dekat lemari. Tak mau ambil risiko dipatuk ular berbisa itu, Yadi meminta pertolongan petugas BPBD Pangandaran.

"Setelah menerima laporan kami mengirimkan dua petugas untuk menangkap ular tersebut," kata Kepala BPBD Pangandaran Nana Ruhena.

Selanjutnya dua petugas Anton dan Irfan menyisir rumah milik PNS Pemkab Pangandaran tersebut. Ternyata ular jenis king kobra berukuran dewasa bersembunyi di dekat lemari.


Perlahan kedua petugas yang sudah dibekali keterampilan khusus itu, berhasil menekuk binatang melata dengan racun mematikan tersebut. "Kami tak membunuh ular tersebut. Tapi dilepaskan kembali ke habitatnya. Kami lepaskan di hutan yang jauh dari kawasan pemukiman," ujar Nana.

Dia mengimbau warga tak perlu resah dengan maraknya ular masuk rumah. Warga hanya perlu hati-hati dan waspada, misalnya jangan membiarkan pintu rumah terbuka.

"Kalau mendapati ular sudah di dalam rumah, bisa menghubungi kami untuk mendapatkan bantuan," kata Nana. (bbn/bbn)