Alumni dan ITS Gelar Innovation Challenge 2020

Yudistira Imandiar - detikNews
Jumat, 20 Nov 2020 14:53 WIB
Ilustrasi ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember)
Foto: dok. Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Jakarta -

Pengurus Pusat Ikatan Alumni (PP-IKA) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) bekerja sama dengan ITS menggelar Innovation Challenge dan Business Summit 2020. Acara yang digelar dalam rangka Dies Natalis ITS ke-60 Lustrum XII ITS tersebut mengangkat tema 'Technology for Prosperity'.

Innovation Challenge merupakan kompetisi inovasi nasional bagi semua pelaku startup pemula di Indonesia. Acara yang kali pertama diadakan oleh IKA ITS ini bertujuan untuk mendorong pertumbuhan startup agar mampu bersaing dan mendapatkan calon investor yang dapat membantu dari segi pendanaan.

Ketua Umum PP IKA ITS, Sutopo Kristanto mengatakan Innovation Challenge adalah salah satu bentuk dukungan Ikatan Alumni terhadap cita-cita ITS sebagai ibu yang luhur. Alasannya, potensi dan talenta anak bangsa di sektor teknologi dan kreatif sangat besar. Demikian juga motivasi masyarakat untuk membangun usaha mandiri melalui usaha rintisan dan mengembangkan usaha tersebut juga besar.

"Karena itu acara ini diadakan untuk mendorong adanya pemrakarsaan bisnis sekaligus mendukung kemajuan dunia entrepreneurship berbasis ilmu dan teknologi di Indonesia," ujar Sutopo dalam keterangan tertulis, Jumat (20/11/2020).

Rektor ITS Prof Dr Ir Mochammad Ashari menyebut salah satu tugas besar dari perguruan tinggi adalah menghadirkan inovasi. Innovation Challenge menurutnya dapat mendorong lahirnya inovasi-inovasi dalam dunia usaha.

"Kami senang, adanya kompetisi ini menunjukkan bahwa alumni ITS peduli dengan inovasi. Dan kami juga mendukung upaya IKA ITS dalam menemukan talenta-talenta yang memiliki semangat juang tinggi, dalam merintis usahanya, imbuhnya.

Pendaftaran Innovation Challenge telah dibuka pada 19 Oktober 2020 dan ditutup pada 30 Oktober 2020 lalu. Tercatat 364 startup mendaftar pada kompetisi tersebut dan melebihi target awal yang ditentukan panitia.

Event yang disupport oleh beberapa sponsor besar seperti PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Telekomunikasi Indonesia (Persero), PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Tbk, PT Bhanda Ghara Reksa (Persero), PT. AECOM, PT Pertamina (Persero), PT Hutama Karya (Persero), PT Pos Indonesia, PT Imeco Inter Sarana, dan PT Petrokimia Gresik, Coca Cola, PT. Indonesia Comnet Plus, PT. Indonesia Power, PT. Inka, PT. PLN ini berhadiah total ratusan juta rupiah bagi pemenang. Kesempatan mendapatkan pembinaan dari perusahaan BUMN juga ditawarkan bagi pemenang.

Dari hasil penjurian semifinal terpilih 20 tim untuk maju ke tahap final. Sepuluh tim dari kategori Prototype adalah PLCD, LAKONE, REXIC, AlinaMed, Qalifa, SI-Krisna, Braja Elektrik Motor, Dancing Pizza, Dioola, dan TRIDIKU 3D. Sementara itu, 10 dari kategori Ideation adalah Carigi, InvestBee, Siantri, its.Pottery, DigiPond, Promyo, SayurLove, MDPL Farm, Teeny, UENAO.

Pada tahapan final yang digelar pada Kamis (19/11), setiap tim berkesempatan untuk mempresentasikan bisnisnya kepada tim juri yang berasal dari kalangan bisnis.

Adapun Business Summit 2020 akan digelar pada Sabtu (21/11) di Kawasan Pantai Indah Kapuk. Acara tersebut merupakan agenda rutin tahunan yang diadakan setiap menyambut perayaan Dies Natalis ITS. Business Summit 2020 diharapkan menjadi sarana bertemunya para pelaku bisnis pemula dan para investor.

Business Summit 2020 mengangkat konsep business talk and keynote speech, menghadirkan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak, Presiden Direktur PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama Tbk dan Ketua Umum PP IKA ITS Sutopo Kristanto, Enterprise Sales Lead Google Anang Efendy, Direktur PT. Telekomunikasi Indonesia Muhammad Fajrin Rasyid, Rektor ITS Prof. Dr. Ir. Mochamad Ashari, M.Eng, Wakil Presiden Direktur MarkPlus.Inc Jacky Mussry, Founder bildeco.com Errika Ferdinata, dan Chief of Commercial and Omni Channel Bhineka.com Vensia Tjhin sebagai pembicara. Acara akan dipandu oleh presenter TV nasional Brigita Manohara.

Selain itu juga akan diselenggarakan demo day bagi startup kategori unggulan ITS dan alumni ITS. Lima startup yang akan mempresentasikan bisnisnya adalah Javadrone, LAKONE, PLCD, ZENIORA, LOSMUNOS. Pada acara ini juga akan dilakukan serah terima Robotic Medical ITS - Unair (RAISA) ke Rumah Sakit Umum Pelni Jakarta.

Ada juga agenda penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara IKA ITS dengan PT. ASKA DETOE BINATAMA berkaitan dengan investasi startup Erlima dan Ocean Farm ITS.

Ocean Farm ITS merupakan terobosan inovatif di sektor maritim berupa bangunan budidaya ikan (akuakultur) rangkap ekowisata bahari terapung pertama di Indonesia. Sementara itu, Erlima adalah sebuah pupuk organik yang kaya akan SILIKA. Penggunaan Erlima diklaim mampu mempercepat pertumbuhan, efisien, sebagai pembenah tanah dan dan efektif digunakan pada cuaca dan ketinggian yang berbeda.

Masih dalam rangkaian menyambut Dies Natalis ITS ke-60 Lustrum XII, PP IKA ITS juga menggelar Golf Tournament yang mengusung tema Adapting to the New Normal. Acara tahunan IKA ITS ini diharapkan menjadi wadah mempererat hubungan kekeluargaan dan jaringan komunikasi yang menjadi kunci utama kekuatan internal alumni ITS.

(prf/ega)