Round-Up

Tafsiran Soal Panglima TNI Unjuk Kekuatan

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 20 Nov 2020 07:02 WIB
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengecek pasukan Marinir. (Sachril Agustin Berutu/detikcom)
Foto: Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto saat mengecek pasukan Marinir. (Sachril Agustin Berutu/detikcom)
Jakarta -

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto sedang unjuk kekuatan untuk mengingatkan bagi pengancam persatuan dan kesatuan. Langkah Marsekal Hadi dinilai lantaran kondisi saat ini sudah semakin mengkhawatirkan sehingga TNI perlu menunjukkan 'taring'.

Sejumlah aksi Panglima TNI Marsekal Hadi belakangan ini tengah menjadi sorotan. Mulai dari membuat statement tegas untuk menjaga persatuan dan kesatuan hingga pentingnya menjaga diri dari provokasi.

Saat mengeluarkan pernyataan soal pentingnya persatuan dan kesatuan itu, Hadi didampingi oleh jajaran komandan pasukan elite TNI. Mulai dari Kostrad, Kopassus TNI AD, Korps Marinir TNI AL, Korps Paskhas TNI AU, sampai Komando Operasi Khusus (Koopssus).

Tak berselang lama, Hadi langsung melakukan pengecekan pasukan-pasukan khusus di tiga matra. Dalam sehari, Panglima TNI bersafari memastikan prajurit-prajurit special forces TNI siap siaga melawan apapun ancaman negara.

Lantas, apa makna dari langkah Panglima TNI ini? Tafsiran pun muncul mengenai kondisi di Indonesia kini yang sudah semakin mengkhawatirkan sehingga kesiapsiagaan TNI diperlukan.

Potensi Adanya Tindakan Makar

Pengamat militer Connie Rahakundini Bakrie memaknai tindakan Panglima TNI Marsekal Hadi sebagai upaya antisipasi terhadap ancaman perpecahan. Ia juga menyinggung mengenai adanya potensi makar dari kelompok tertentu.

"Tingkat ancaman perpecahan persatuan kesatuan bangsa sudah di level mengkhawatirkan," kata Connie kepada detikcom, Kamis (19/11/2020).

Alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dari Universitas Indonesia yang menjadi dosen di Universitas Pertahanan Indonesia ini menjelaskan Panglima TNI Hadi Tjahjanto sadar akan posisinya. Meski sudah mengecek pasukan, dia harus menunggu langkah lanjutan mengatasi perpecahan yang semakin mengkhawatirkan.

Hadi dinilainya sedang melakukan pengecekan sekaligus memperlihatkan ke publik bahwa pihaknya siap menghadapi situasi tertentu, istilahnya adalah check and display. "Panglima terhadap pasukannya anytime untuk digerakkan oleh keputusan politik negara," kata Connie.

Panglima TNI ajak Komandan Pasukan Elite Gelorakan pentingnya persatuan dan kesatuan. Simak di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4