Beda Klaim FPI dan Pernyataan Habib Rizieq soal Undangan di Petamburan

ADVERTISEMENT

Beda Klaim FPI dan Pernyataan Habib Rizieq soal Undangan di Petamburan

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 18 Nov 2020 16:38 WIB
Jemaah memadati acara Maulid Nabi Muhammad SAW dan akad nikah putri Habib Rizieq Syihab di Petamburan, Sabtu (14/11/2020). Mereka berkerumun tanpa menjaga jarak.
Acara Maulid Nabi di Petamburan yang juga acara akad nikah putri Habib Rizieq (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Front Pembela Islam (FPI) mengklaim bahwa acara pernikahan putri Habib Rizieq digelar tanpa memicu kerumunan massa. Namun, dalam pelaksanaannya, acara tersebut justru menciptakan kerumunan besar.

Sebagaimana diketahui, sampai saat ini pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi masih berlaku di DKI Jakarta. Warga yang menggelar resepsi pernikahan di gedung harus menerapkan kapasitas maksimal 25 persen. Selain itu, akad nikah hanya boleh dihadiri 30 orang.

FPI mengklaim acara pernikahan putri Habib Rizieq, Syarifah Najwa Syihab, yang digelar pada Sabtu (14/11) di Jl Petamburan III, hanya mengundang 30 orang. Pernyataan ini bertolak belakang dengan pernyataan Habib Rizieq dan situasi saat pelaksanaan acara.

Habib Rizieq Undang Jemaah

Saat menghadiri peringatan Maulid Nabi di Majelis Taklim Al-Afaf pimpinan Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf, Jumat (13/11), Habib Rizieq mengundang jemaah untuk hadir dalam acaranya. Dia mengajak jemaah mengikuti acara Maulid Nabi di Petamburan, yang juga merupakan acara akad nikah putrinya.

"Baik Ikhwan sekalian, saya undang semua yang ada di sini. Insyaallah besok malam di Petamburan kita akan adakan peringatan Maulid Nabi sekaligus saya undang juga seluruh habaib karena kami juga akan menikahkan putri kami yang keempat. Siap hadir?" ujar Habib Rizieq.

Pernyataan ini bertolak belakang dengan pernyataan kuasa hukum FPI, Aziz Yanuar, di Polda Metro Jaya.

Tenda Terpasang Sepanjang 100 Meter

Tenda terpasang di ruas Jalan KS Tubun arah Tanah Abang sepanjang sekitar 100 meter.

Di titik lain ada tenda-tenda kecil berjejer. Informasi dari warga setempat, Andi (56), tenda itu dipasang untuk acara pernikahan putri Habib Rizieq dan peringatan Maulid Nabi SAW.

Tenda terpasang di Jl KS Tubun menjelang nikahan putri Habib Rizieq dan peringatan Maulid Nabi SAW.Tenda terpasang di Jl KS Tubun menjelang acara pernikahan putri Habib Rizieq dan peringatan Maulid Nabi SAW. (Adhyasta Dirgantara/detikcom)

Ada yang Tak Pakai Masker dan Tak Jaga Jarak

Pantauan detikcom, Sabtu (14/11/2020), jemaah yang hadir dalam acara itu memadati sepanjang Jalan KS Tubun, Jakarta Pusat. Jemaah yang hadir tidak menjaga jarak dan berimpitan.

Meski banyak yang bermasker, ada beberapa jemaah kedapatan tidak mengenakan masker. Ada juga yang mengenakan masker tidak sesuai, misalnya dipakai di bawah dagu.

Tampak jemaah yang hadir mulai dari anak-anak hingga orang tua. Ada juga orang tua yang mengajak balita.

Per pukul 21.29 WIB, jemaah masih terus berdatangan. Jemaah yang baru datang dan tidak mendapat tempat duduk terpaksa berdiri.

Suasana desak-desakan sempat terjadi saat Habib Rizieq dan keluarga naik ke atas panggung bersama keluarga dan besannya. Bahkan, jemaah yang duduk semuanya berdiri menyambut kedatangan Habib Rizieq dan keluarga.

Akad Dilaksanakan di Atas Panggung

Akad nikah juga dilangsungkan pada malam acara Maulid Nabi itu. Sebagaimana dilihat detikcom dalam video yang diunggah di akun Front TV, Minggu (15/11), menantu Habib Rizieq, Irfan Alaydrus, naik ke atas panggung untuk membaca ijab kabul.

Bahkan, saat Irfan Alaydrus naik ke panggung, dia sempat mengucap takbir yang disambut riuh oleh massa yang sudah menunggu kehadirannya. Padahal, menurut aturan, akad hanya boleh dihadiri 30 orang.

Tonton video 'Polri Buka Peluang Klarifikasi RK soal Kerumunan Acara Rizieq':

[Gambas:Video 20detik]



Bagaimana situasi saat resepsi acara? Silakan klik halaman selanjutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT