Demi Dukung Mahyeldi-Audy, Penjual Lontong Jalan Kaki Padang-Bukittinggi

Jeka Kampai - detikNews
Rabu, 18 Nov 2020 15:20 WIB
Riki Iskandar nekat berjalan kaki 97 km dari Padang ke Bukittinggi demi memberi dukungan ke paslon Mahyeldi Ansyarullah-Audy Joinaldy (dok Istimewa)
Riki Iskandar nekat berjalan kaki 97 km dari Padang ke Bukittinggi demi memberi dukungan ke paslon Mahyeldi Ansyarullah-Audy Joinaldy. (Foto: dok. Istimewa)
Padang -

Riki Iskandar nekat berjalan kaki dari Padang ke Bukittinggi demi memberi dukungan ke pasangan calon (paslon) Mahyeldi Ansyarullah-Audy Joinaldy. Jarak sejauh 97 kilometer ditempuhnya demi mendukung Mahyeldi-Audy memenangi Pemilihan Gubernur Sumatera Barat (Pilgub Sumbar).

Warga Kampung Lapai, Kecamatan Kampung Jao, Padang, tersebut berjalan kaki menggunakan kaus bertulisan 'Demi Menjemput Kemenangan Mahyeldi-Audy #Nomor4UntukSumbarMadani #4444' di punggung.

Aksi nekatnya ini berawal dari perkenalannya dengan Audy melalui aplikasi WhatsApp (WA). Riki kaget Audy datang ke tempatnya berjualan meski hanya menawarkan sarapan pengusaha muda tersebut lewat WA.

"Saya basa-basi saja, mengajak Bang Audy untuk makan lontong di tempat saya. Eh, saya kaget, dia sarapan di tempat saya sekitar dua minggu yang lalu," kata Riki dalam keterangan yang diterima, Rabu (18/11/2020).

Kemudian Riki juga sempat mengajak Audy menjenguk sang ibu yang baru menjalani operasi ginjal. Riki terharu dan kagum dengan kesederhanaan yang dimiliki Audy. Riki menganggap Audy merupakan sosok yang rendah hati dan begitu merakyat.

Audy kemudian melepas perjalanan Riki di Posko Pemenangan Mahyeldi-Audy di Jalan A Yani Nomor 1 B, Kota Padang.

"Tetap semangat, Bang (Riki). Jaga kesehatan. Ini memang niat Abang sendiri, saya tidak memaksa. Semoga Abang di bawah lindungan Allah SWT," kata Audy sembari memberikan kepal tinju semangat perjuangan kepada Riki.

Mahyeldi juga turut memberikan dukungan kepada Riki melalui video call. "Semoga niat baik Bapak mendapatkan ridho dan izin Allah," kata Mahyeldi kepada Riki.

"Saya tahu perjuangan Buya dan Bang Audy lebih besar dari saya. Ini sumbangsih kecil dari saya untuk menjemput kemenangan," balas Riki kepada Mahyeldi.

Riki lalu memutuskan berjalan kaki menuju kota yang punya bangunan penanda terkenal, yaitu Jam Gadang, itu. Pria berkaus putih dan topi biru navy ini pergi ke Bukittinggi berbekal air putih dan krim nyeri otot di saku celana training hitam.

(jbr/jbr)