Update Zonasi Corona RI 17 November: Zona Oranye Turun dari 370 Jadi 345

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 17 Nov 2020 17:21 WIB
Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito
Wiku Adisasmito (Rusman/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Satgas Penanganan COVID-19 mengumumkan perkembangan zonasi virus Corona di Indonesia. Terjadi penurunan jumlah kabupaten/kota berstatus zona oranye, sedangkan jumlah kabupaten/kota zona merah Corona bertambah.

"Pada pekan ini terjadi penurunan yang signifikan pada zona oranye, yaitu dari 370 menjadi 345 kabupaten/kota. Ini adalah langkah yang kita harapkan, karena sejak awal pandemi kabupaten/kota dengan zona oranye adalah paling banyak di antara zona risiko lainnya," kata Juru Bicara (Jubir) Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (17/11/2020).

Namun, untuk penambahan jumlah kabupaten/kota berstatus zona merah Corona tidak signifikan. Sementara itu, jumlah kabupaten/kota berstatus zona kuning juga mengalami peningkatan.

"Namun terjadi peningkatan pada zona merah atau zona risiko tinggi, yaitu dari 27 kabupaten/kota pada pekan lalu menjadi 28 kabupaten/kota pada pekan ini. Selanjutnya, pada zona risiko rendah atau zona kuning terjadi peningkatan yang sebelumnya 97 kabupaten/kota menjadi 121 kabupaten/kota di pekan ini," ungkap Wiku.

Jumlah kabupaten dengan status zona hijau Corona juga bertambah. Namun kabupaten/kota yang terdampak pandemi Corona menurun.

"Zona hijau untuk kabupaten yang tidak ada kasus baru meningkat jumahnya dari 9 menjadi 10. Namun, untuk kabupaten/kota yang tidak terdampak menurun jumlahnya dari 11 menjadi 10, semakin sedikit jumlah kabupaten/kota yang tidak terdampak," terang Wiku.

Diberitakan sebelumnya, Satgas Penanganan COVID-19 mengungkapkan provinsi-provinsi yang masuk 3 besar dengan kenaikan kasus positif virus Corona (COVID-19) pekan ini. Posisi pertama ditempati oleh Jawa Tengah dengan kenaikan kasus sebanyak 2.377.

"Di pekan ini kenaikan tertinggi berada di angka 2.377 kasus baru. Saya apresiasi kepada Kalimantan Timur dan Kalimantan Barat yang berhasil keluar dari 5 besar kenaikan kasus tertinggi pada pekan ini. Namun sangat disayangkan pada pekan ini Jawa Tengah, Jawa Barat, dan DKI Jakarta masih berada di posisi 3 teratas kenaikan tertinggi kasus positif mingguan," kata Juru Bicara (Jubir) Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito, Selasa (17/11).

(zak/gbr)