Round-Up

Kritik Bertubi-tubi untuk HRS saat 'Ceramah Lonte' di Maulid Nabi

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Selasa, 17 Nov 2020 04:01 WIB
Habib Rizieq Santap Nasi Mandi dan Jus Kurma
Habib Rizieq. (Foto: detikcom/twitter Tommy Soeharto)

Golkar: Katanya Revolusi Akhlak

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI dari Fraksi Golkar Ace Hasan Syadzily mengingatkan menjaga tutur kata sebagai bagian dari bentuk akhlak.

"Menjaga diri untuk bertutur kata yang baik dan menjaga lisan itu salah satu akhlak yang baik. Jelas itu diperintahkan Rasulullah SAW. Itu harus kita pegang dan pedomani, apalagi saat kita memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW," kata Ace kepada wartawan, Senin (16/11/2020).

Ketua DPP Partai Golkar ini awalnya menduga kepulangan Habib Rizieq dari Saudi akan ada perubahan dari sisi tutur katanya. Seperti jargon yang dibawa Rizieq untuk melalukan revolusi akhlak.

"Saya tadinya mengira saat beliau pulang dari Tanah Suci dan sekembali dari sana akan lebih menjaga lisan dan memelihara tutur kata. Apalagi beliau katanya akan memimpin gerakan revolusi akhlak untuk masyarakat Indonesia," ujar Ace.

Ace mengingatkan soal mengikuti anjuran nabi. Yakni memulai hal baik dari diri sendiri.

"Mari kita sama-sama teladani akhlak Rasulallah SAW. Dimulai dari kita sendiri sebagaimana sabdanya: Ibda' binnafsik, mulailah dari diri kita sendiri," ucapnya.

Selain itu, Ace meminta tak ada kegaduhan yang diciptakan di tengah masyarakat. Apalagi, saat ini pandemi Corona belum usai dan dibutuhkan ketenangan untuk menuntaskannya.

Diaz Hendropriyono: Habib Rizieq Hina Umat Islam

Ketum PKPI Diaz Hendropriyono menilai Habib Rizieq telah melakukan penghinaan karena mengisi ceramah Maulid Nabi dengan kata-kata lonte.

"Acara Maulid Nabi Muhammad SAW diisi dengan kata-kata 'lont*' dan hinaan kepada institusi POLRI," kata Diaz Hendropriyono dalam unggahan Instagramnya, seperti dilihat Senin (16/11/2020).

Diaz, yang juga menjabat Stafsus Presiden Jokowi, menilai ucapan Habib Rizieq soal lonte tidak pantas.

Menurutnya, Habib Rizieq telah melakukan penghinaan kepada negara dan umat Islam.

Lonte dalam KBBI berarti perempuan jalang; wanita tunasusila; pelacur; sundal; jobong; cabo; munci.

"Ini bukan hanya penghinaan untuk negara, tapi juga untuk seluruh umat Islam. Sangat tidak pantas," sebut Diaz.

Halaman

(aan/idn)