Habib Rizieq 'Ceramah Lonte', Rabithah Alawiyah: Tidak Elok

Danu Damarjati - detikNews
Senin, 16 Nov 2020 15:16 WIB
Imam Besar FPI Habib Rizieq Syihab akhirnya tiba di Indonesia. Habib Rizieq langsung keluar dari Terminal 3 dan langsung berorasi.
Habib Rizieq (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Dalam ceramahnya, Habib Rizieq Syihab menggunakan kata 'lonte' untuk menyebut sosok yang menghinanya akhir-akhir ini. Wadah habaib se-Indonesia, Rabithah Alawiyah, menilai kata-kata itu tidak pantas diucapkan Habib Rizieq.

"Tentu perkataan yang disampaikan itu tidak elok, apalagi dalam forum seperti itu," kata Divisi Humas Rabithah Alawiyah dalam keterangannya kepada wartawan, Senin (16/11/2020).

Rizieq menyampaikan kata-kata itu dalam forum peringatan Maulid Nabi di Petamburan, Jakarta Pusat, 15 November dini hari kemarin. Rabithah Alawiyah kini ingin melakukan tabayun, meminta penjelasan kepada Habib Rizieq atas apa yang dia ucapkan pada momen peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW itu.

"Memang, apa pun konteks dan background-nya, itu tidak elok disampaikan, apalagi oleh seseorang yang memiliki banyak pengikut, panutan, yang tentu memuat tanggung jawab lebih," kata Divisi Humas Rabithah Alawiyah.

Seorang tokoh panutan seharusnya berbicara sesuai norma yang baik. Terlebih lagi, Rizieq berbicara dalam forum keagamaan.

"Memang kalau berbicara soal nilai etika dan perilaku, berlaku pada siapa saja. Siapa pun dia harus sesuai berperilaku sesuai norma etika dan kepatutan yang berlaku di masyarakat, apalagi dalam konteks keagamaan," kata Divisi Humas Rabithah Alawiyah.

Tonton video 'Kata Nikita Mirzani soal Disebut 'Lonte' oleh Habib Rizieq':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya, peristiwa 'ceramah lonte' saat perayaan Maulid Nabi:

Selanjutnya
Halaman
1 2