Nadiem Pastikan Semua Guru Honorer Bisa Ikut Seleksi Pegawai Tahun 2021

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Senin, 16 Nov 2020 14:27 WIB
Mendikbud Nadiem Makarim raker dengan Komisi X DPR
Foto: Mendikbud Nadiem Makarim raker dengan Komisi X DPR. (Rahel/detikcom).
Jakarta -

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim akan memberikan kesempatan bagi semua guru honorer agar bisa mengikuti tes Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK). Nadiem memastikan semua guru honorer bisa melakukan tes seleksi online PPPK tahun 2021.

"Masalah selama ini dengan berbagai macam isu tidak cukup informasi di pusat, tidak cukup kapasitas, tidak cukup anggaran. Di tahun 2021, kita akan memastikan semua guru honorer akan bisa melakukan tes online untuk membuktikan kelayakan mereka melakukan PPPK. Jadi ini sangat berbeda," kata Nadiem dalam rapat kerja bersama Komisi X DPR di Gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (16/11/2020).

Nadiem menegaskan para guru honorer akan memiliki 3 kali kesempatan untuk mengikuti tes seleksi PPPK. Bahkan menurutnya, Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud juga akan mempersiapkan materi pembelajaran mandiri gratis agar guru honorer bisa semakin siap dalam mengikuti tes seleksi.

"Bukan hanya mereka dijamin bisa ikut tes seleksi ini. Mereka juga akan bisa, kalau pun mereka gagal pertama kali, mereka akan mendapatkan kesempatan sampai 3 kali untuk bisa lulus tes seleksi ini," ujar Nadiem.

"Dirjen GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) akan dipersiapkan juga materi-materi pembelajaran mandiri secara online bagi teman-teman guru untuk bisa lebih menguasai dan kemungkinan mereka untuk lulus tes bisa meningkat kalau mereka mengikuti pembelajaran online tersebut. Itu secara gratis diberikan dan itu pembelajaran online secara mandiri. Jadi juga ada panduan, bantuan," imbuhnya.

Lebih lanjut, eks CEO Go-Jek ini menegaskan seluruh peserta guru honorer yang lolos seleksi akan langsung diangkat menjadi PPPK. Peserta yang lolos pun, kata NaDiem, akan mendapat jaminan gaji dari pemerintah pusat.

"Dan kalau lolos seleksi tersebut, dia akan secara otomatis akan mendapat pengangkatan jadi guru PPPK, dan anggaran terhadap yang lulus seleksi akan dijamin oleh pemerintah pusat. Jadinya yang lolos seleksi, lulus tes tersebut gajinya akan dianggarkan 2021 dan seterusnya di tahun 2022," tuturnya.

Komisi pendidikan DPR RI memperjuangkan nasib guru honorer. Simak selengkapnya di halaman berikut.

Selanjutnya
Halaman
1 2