2 Anak Suku Pedalaman Talang Mamak di Riau Diterima Bintara Polri

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Minggu, 15 Nov 2020 11:19 WIB
Pekanbaru -

Dua orang putra terbaik dari komunitas masyarakat pedalaman, Suku Talang Mamak di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) di Riau lolos dalam seleksi Bintara Polri. Mereka diterima lewat jalur Rekrutmen Program (Retpro) khusus suku pedalaman yang berprestasi sampai tingkat nasional.

Suku Talang Mamak, sudah ratusan tahun silam hidup di dalam kawasan hutan belantara. Umumnya mereka kini berada di kawasan Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT). Mereka ada yang hidup di zona inti TNBT, sebagian ada di zona penyanggah kawasan taman.

Walau komunitas ini jauh dari permukiman masyarakat, namun kini, lambat laun Suku Talang Mamak, tidak lagi hidup nomaden (berpindah). Mereka sudah banyak yang menetap di dalam kawasan taman dengan hidup bertani dan mencari kekayaan hasil hutan tanpa ikut merusak alam.

Kini, dari komunitas ini ada dua putra terbaik mereka yang lolos menjadi Bintara Polri. Keduanya adalah Anto buah hati dari pasangan Panggelang dan ibunya Habibun, satu lagi Andika Swanda anak dari pasangan Tarmizi dan Mini. Mereka ini berasal dari desa Talang Jerinjing Kecamatan Rengat Barat, Inhu. Mereka dinyatakan lolos seleksi Bintara pada tahun 2020 ini.

Bagaimana mereka bisa lulus? Simak selanjutnya >>>

Selanjutnya
Halaman
1 2