Kunjungi Museum Bang Yos, Ketua MPR: Patut Kita Dukung dan Tiru

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Minggu, 15 Nov 2020 10:11 WIB
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo saat mengunjungi museum Bang Yos di Bekasi, Sabtu (14/11/2020).
Foto: dok. MPR RI
Jakarta -

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo memuji pendirian museum Bang Yos yang didirikan mantan Gubernur DKI Jakarta Letjen TNI (Purn) Sutiyoso. Melalui museum yang terletak di Jalan Kalimanggis No. 100 Jatisampurna, Bekasi, Bang Yos mengabadikan perjalanan hidupnya mulai dari kecil, karir di militer hingga terjun ke dunia politik.

"Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menceritakan perjalanan hidup seseorang. Kebanyakan orang mengabadikannya melalui tulisan di buku. Sangat jarang tokoh yang mau mengabadikan perjalanan hidupnya dengan membuat museum. Langkah Bang Yos ini patut kita dukung dan tiru," ujar Bamsoet dalam keterangannya, Minggu (15/11/2020).

Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini menuturkan perjalanan hidup Bang Yos untuk mencapai sukses tidaklah mudah, terlebih, ia terlahir sebagai anak desa. Oleh karenanya, sikap kerja keras dan pantang menyerah untuk menggapai kesuksesannya dapat dicontoh oleh generasi muda.

"Tentu kita berharap generasi muda mau belajar banyak dari kesuksesan para seniornya. Tidak ada keberhasilan serta kesuksesan yang diperoleh secara instan. Semua tetap perlu tekad, usaha keras serta percaya diri," kata Bamsoet usai berkunjung ke museum Mister Manix atau Bang Yos di Bekasi kemarin.

Mantan Ketua DPR RI ini menambahkan langkah Bang Yos mengabadikan perjalan hidupnya, baik melalui museum ataupun buku, bisa juga menjadi contoh pejabat publik lainnya untuk berbuat serupa. Sehingga, mampu menjadi inspirasi bagi generasi penerus bangsa.

"Seorang pejabat publik harus berani memberi inspirasi perjalanan hidupnya. Museum Bang Yos saya yakin mampu memberikan pembelajaran bagi masyarakat luas. Bang Yos mampu membuktikan, walaupun hanya anak desa dengan ekonomi orang tua pas-pasan, dengan semangat dan usaha keras berhasil sukses sebagai tentara, gubernur, Kepala BIN dan pimpinan partai politik," jelasnya.

Bamsoet juga menjelaskan tidak hanya Bang Yos. Orang tua Bang Yos yang hanya guru SD ini juga mampu menjadikan 8 anak-anaknya menggapai cita-cita berkat kerja keras. "Sutiyoso jadi Jenderal, Gubernur dan Kepala BIN. Begitu juga dengan saudara kandungnya yang juga sempat menjadi Gubernur Jawa Tengah dan Ketua DPRD Jawa Tengah," pungkasnya.

(prf/ega)