Lalin di Simpang Gadog Arah Puncak Macet Usai Pengalihan Arus Ditiadakan

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Jumat, 13 Nov 2020 11:42 WIB
Kondisi lalu lintas ke Puncak, Jumat (13/11/2020) pukul 10.55 WIB.
Foto: Kondisi lalu lintas di Simpang Gadog arah Puncak. (Sachril/detikcom)
Bogor -

Lalu lintas di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, macet usai dialihkan karena pentolan Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Syihab datang. Polisi mengatakan kemacetan karena penyempitan jalur.

Pantauan detikcom, di Simpang Gadog, Megamendung, Kabupaten Bogor, Jumat (13/11/2020) sekitar pukul 10.55 WIB, kendaraan dari arah exit tol Ciawi hanya dapat melaju dengan kecepatan rendah di Jalan Raya Puncak arah Cisarua. Kemacetan juga terjadi untuk kendaraan dari arah Jalan Raya Gadog.

Kondisi lalu lintas dari arah exit tol Ciawi ke Puncak, Jumat (13/11/2020).Kondisi lalu lintas dari arah exit tol Ciawi ke Puncak, Jumat (13/11/2020). Foto: Kondisi lalu lintas dari arah exit tol Ciawi ke Puncak. (Sachril/detikcom)

Kendaraan dari Jalan Raya Gadog ke Cisarua hanya dapat melaju dengan pelan. Sedangkan arus lalu lintas di Jalan Raya Puncak dari Cisarua menuju Ciawi, dapat melaju dengan lancar

"Di sini bukan macet, namanya ramai lancar, tapi mengalir kendaraannya. Hambatan memang di Gadog ini ada bottleneck," kata Kasat Lantas Polres Bogor Iptu Dicky Anggi Pranata, di TMC Gadog, Megamendung, Kabupaten Bogor.

"Jadi kendaraan dari arah tol (Ciawi) itu sekitar 2 lajur ditambah dari arah turunnya (Jalan Raya Puncak dari Cisarua ke Ciawi) adanya 2 lajur. Namun ketika tanjakan cuma 2 lajur, jadi salah satu hambatan," lanjutnya.

Dia menambahkan polisi sempat mengalihkan arus lalu lintas di Puncak selama 1 jam. Lalu lintas, lanjutnya, kembali dibuka usai Habib Rizieq melewati Simpang Gadog.

"Arus lalin menuju Puncak baik (ke arah) Jakarta (maupun) Cianjur (sudah) normal dua arah, bisa di-clear bersama. Kegiatan berjalan lancar untuk beliau (Rizieq) sudah masuk markaz, jadi kita bisa lakukan penormalan," terangnya.

Polisi, sambungnya, masih melakukan penjagaan di sekitar lokasi. Dicky mengatakan tidak akan ada lagi pengalihan arus lalu lintas di Puncak saat Rizieq kembali ke Jakarta.

"Nggak ada (pengalihan arus kembali). Sementara kami stand by anggota saja, karena beliau jaraknya keluar dari sana, kita langsung arahkan ke tol. Jadi nggak terlalu jauh ya jarak pengamanannya. Cuma akan kita gelar anggota seperti penyambutan tadi," tandas Dicky.

(zak/zak)