Gandeng Ormas Islam, Muhadjir Harap Gerakan Revolusi Mental Nyata

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Kamis, 12 Nov 2020 13:36 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy
Menko PMK Muhadjir Effendi (Dok Kemenko PMK)
Jakarta -

Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) melanjutkan Gerakan Revolusi Nasional Mental (GRNM) pada 2021. Kemenko PMK bekerja sama dengan sejumlah organisasi Islam hingga organisasi guru.

Setidaknya ada 4 lembaga yang diajak kerjasama diantaranya Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Muhammadiyah, Persatuan Rektor Indonesia (PRI), hingga Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Menko PMK Muhadjir Effendi menuturkan penandatanganan dilakukan agar program lanjutan ini dapat terwujud pada 2021.

"Penandatanganan sengaja dilakukan, kita harapkan awal tahun 2021 itu sudah langsung bergerak. Kita mulai sejak awal. Demikian dengan MoU ini dalam bulan terakhir, satu setengah bulan ini ada kegiatan konkret dari 4 organisasi besar," kata Muhadjir dalam sambutannya di Kemenko PMK, Jakarta Pusat, Kamis (12/11/2020).

Lebih lanjut Muhadjir menuturkan gerakan revolusi mental merupakan program prioritas. Meskipun tidak mudah diwujudkan, ada tiga hal yang menjadi fokus utama dalam gerakan ini yakni membangun integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.

"Tentu saja gerakan revolusi mental ini tidak mudah untuk diterjemahkan dalam gerakan rill karena itulah kami perlu organisasi kemasyarakatan agar keterlibatan masyarakat nyata tidak hanya diinisiasi pemerintah saja karena kita tahu pemerintah memiliki keterbatasan," ujarnya.

Muhadjir berharap gerakan revolusi mental tersebut nantinya dapat mengubah masyarakat menjadi lebih baik. Keempat organisasi ini dinilai Muhadjir dapat mengembangkan gerakan yang lebih besar.

"Perubahannya itu sebetulnya simpel saja dari yang tidak baik menjadi baik, dari yang baik menjadi lebih baik, jadi ukurannya itu," ungkapnya.

"Saya kira empat organisasi dan representatif untuk mewakili untuk bisa mengembangkan gerakan masif di periode baru," lanjutnya.

(aud/aud)