Selain Arief Hidayat, 5 Hakim MK Juga Dapat Bintang Mahaputera dari Jokowi

Andi Saputra - detikNews
Rabu, 11 Nov 2020 18:21 WIB
Gedung Mahkamah Konstitusi
Gedung Mahkamah Konstitusi (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Hakim konstitusi Arief Hidayat mendapatkan penghargaan Bintang Mahaputera Adipradana dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Selain Arief, 5 hakim konstitusi lainnya mendapatkan bintang serupa.

Salah satunya Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman yang mendapat penghargaan Bintang Mahaputera Adipradana.

"Penghargaan yang kami terima merupakan buah kerja dan dukungan dari Bapak Sekjen MK beserta staf, Bapak Panitera MK beserta staf, para pejabat struktural dan fungsional MK maupun dukungan seluruh keluarga besar Mahkamah Konstitusi. Termasuk juga dukungan para Yang Mulia Hakim Konstitusi. Inilah buah dari kerja sama kita selama ini. Berkah dari kesabaran," kata Anwar Usman sebagaimana dilansir website MK, Rabu (11/11/2020).

Wakil Ketua MK Aswanto juga mendapat penghargaan Bintang Mahaputera Adipradana. Aswanto memaknai penghargaan tersebut bahwa dirinya harus benar-benar bekerja secara profesional dalam menjaga konstitusi.

"Penghargaan yang kami peroleh dimaknai bahwa kami tidak boleh kendor menjaga Konstitusi dengan baik, melindungi hak asasi manusia sebagaimana tercantum dalam Konstitusi," ucap Aswanto.

Sedangkan Sekretaris Jenderal MK Guntur Hamzah, yang mewakili segenap keluarga besar MK menyampaikan ucapan selamat dan rasa syukur kepada Tuhan bahwa enam hakim konstitusi telah mendapat penghargaan dari pemerintah.

"Kami bangga dengan pencapaian yang diperoleh dari para hakim konstitusi yang menerima penghargaan Bintang Mahaputera Adipradana dan Bintang Mahaputera Utama sebagai penghargaan tertinggi dari negara. Penghargaan tersebut merupakan hal yang luar biasa dan menjadi kehormatan bagi kita semua sebagai pegawai, merasa bahagia, suka cita atas pencapaian tersebut. Ini adalah yang pertama kali bahwa di masa jabatan, Yang Mulia Hakim Konstitusi mendapat kehormatan Bintang Mahaputera Adipradana dan Bintang Mahaputera Utama," ungkap Guntur.

Adapun hakim konstitusi Wahiduddin Adams, hakim konstitusi Suhartoyo, dan hakim konstitusi Manahan MP Sitompul menerima penghargaan Bintang Mahaputera Utama.

Sebagai informasi, Ketua MK Anwar Usman menjabat Ketua MK periode 2018-2021. Wakil Ketua MK Aswanto menjalani tugas untuk periode 2018-2021 dan menjabat hakim konstitusi periode 2019-2024. Sedangkan hakim konstitusi Arief Hidayat menjabat Ketua MK periode 2015-2018 dan Hakim Konstitusi periode 2018-2023.

Selanjutnya, hakim konstitusi Wahiduddin Adams menjabat hakim konstitusi periode 2014-2019 dan 2019-2024. Berikutnya. hakim konstitusi Suhartoyo menjabat hakim konstitusi periode 2015-2020 dan 2020-2025. Kemudian hakim konstitusi Manahan MP Sitompul menjabat hakim konstitusi periode 2015-2020 dan 2020-2025.

Sebagaimana diketahui, pada Rabu, 11 November 2020, Presiden Joko Widodo memberikan penghargaan gelar tanda jasa dan kehormatan kepada 68 tokoh nasional. Selain itu, tanda jasa dan kehormatan akan diberikan kepada para mantan menteri Kabinet Kerja pada periode lalu. Di antaranya mantan Menteri ESDM Ignasius Jonan, mantan Menkominfo Rudiantara, mantan Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastuti, serta mantan Menko PMK Puan Maharani. (asp/idn)