Ada Gatot Nurmantyo, 46 Orang Tokoh Terima Bintang Mahaputera dari Jokowi

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Rabu, 11 Nov 2020 12:34 WIB
Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo
Gatot Nurmantyo (Audrey/detikcom)
Jakarta -

Sejumlah mantan menteri hingga mantan Panglima TNI dan Kapolri mendapat anugerah Bintang Mahaputera dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Salah satu di antaranya Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo.

Jokowi menganugerahkan Bintang Mahaputera kepada sejumlah tokoh di Istana Negara seperti disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (11/11/2020). Selain Bintang Mahaputera, Jokowi memberikan Bintang Tanda Jasa.

Gatot, yang masuk dalam daftar penerima Bintang Mahaputera, tak hadir di Istana Negara pagi tadi. Dalam keterangan tertulis yang disampaikan Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan, nama Gatot pun sebelumnya tidak ada. Namun, dari data yang di-update per pukul 11.53 WIB, Gatot masuk dalam daftar Bintang Mahaputera Adipradana sehingga total menjadi 32 orang.

Menko Polhukam Mahfud Md mengatakan Gatot telah menyatakan kesediaan menerima Bintang Mahaputera dari Presiden Jokowi meskipun tidak hadir dalam penganugerahan di Istana. Mahfud menyebut Gatot tidak hadir karena sejumlah alasan.

"Presiden pada hari ni telah secara resmi menyerahkan Bintang Mahaputera dan Bintang Jasa kepada sekian banyak orang tadi. Dari sekian yang dianugerahi Bintang Mahaputera tadi, yaitu Bapak Gatot Nurmantyo. Tapi, dalam suratnya, Pak Gatot Nurmantyo itu menyatakan menerima pemberian bintang jasa ini tetapi beliau tidak bisa hadir karena beberapa alasan, pertama karena ini suasana COVID," kata Mahfud dalam video yang ditayangkan di YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (11/11).

Mahfud mengatakan justru karena alasan pandemi COVID-19, penganugerahan digelar dalam dua sesi. Sehingga, kata Mahfud, acara bisa dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan dan menghindari penularan COVID-19.

"Ya justru karena suasana COVID disepakati pada bulan Agustus itu dulu dipecah dua ya, yang separuh bulan Agustus, yang separuh sekarang, sehingga suasana terpenuhi standarnya," ujar dia.

Meski tak hadir di Istana, kata Mahfud, Gatot tetap akan menerima penghargaan Bintang Mahaputera. Penghargaan tersebut akan dikirim lewat Sekretaris Militer.

"Oh iya nanti dikirim lagi melalui Sekretaris Militer, beliau kan mengatakan di sini beliau menyatakan menerima ini sehingga hanya tidak bisa hadir penyematannya," tutur dia.

Siapa saja penerima Bintang Mahaputera? Simak di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2