Pagar-Kabel Lampu Makam Pahlawan di Riau Hilang Dicuri, Pemprov Kaget

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Rabu, 11 Nov 2020 14:58 WIB
Gubernur Riau Syamsuar (berpeci hitam) saat ziarah di TMP (dok. Istimewa)
Gubernur Riau Syamsuar (berpeci hitam) saat ziarah di TMP. (dok. Istimewa)
Pekanbaru - Aksi pencurian terjadi di area Taman Makam Pahlawan (TMP) di Pekanbaru, Riau. Pemprov Riau mengaku kaget saat mendapat laporan peristiwa tersebut.

"Iya benar, waktu kita melakukan ziarah di Hari Pahlawan yang dipimpin Gubernur Riau (Syamsuar), kita menerima laporan dari pihak penjaga Taman Makam Pahlawan Kusuma Dharma, adanya aksi pencurian. Kita terkejut juga, ada maling yang mengambil sejumlah properti yang ada di sana," kata Kepala Dinas Kominfo-Statistik Riau, Chairul Riski, kepada wartawan, Rabu (11/11/2020).

Riski mengatakan Gubernur Riau Syamsuar sudah menerima pengaduan dari penjaga makam soal apa saja yang hilang. Berdasarkan informasi dari penjaga TMP, properti yang hilang di antaranya pagar besi.

"Termasuk juga kabel-kabel lampu yang ada di makam, sejumlah peralatan kebersihan. Malah aksi pencurian kabarnya dilakukan siang hari, saat penjaga makam lagi istirahat. Pak Gubernur, sangat prihatin melihat kondisi ini," kata Riski.

Dia mengatakan Syamsuar sudah memerintahkan Dinas Sosial Riau untuk memperbaiki kondisi TMP Kusuma Dharma yang berada di Jalan Sudirman, Pekanbaru. Semua properti dicuri segera diganti.

"Ya ini memang menjadi perhatian kita, Dinas Sosial Riau sudah diminta untuk mendata apa saja yang hilang di kawasan makam tersebut. Termasuk juga memperhatikan batu nisan yang mulai rusak untuk diperbaiki, " kata Riski.

Dia mengatakan penjaga makam juga bakal ditambah. Perbaikan area makam juga bakal dilakukan.

"Dinas Sosial sudah diperintahkan untuk mengecek semuanya, mana yang rusak diperbaiki, mana yang harus dicat, ya harus dicat lagi," kata Riski. (cha/haf)