Soal Karantina 14 Hari Habib Rizieq, Satgas COVID-19 DKI Wajib Pantau

Danu Damarjati - detikNews
Rabu, 11 Nov 2020 06:24 WIB
Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito
Jubir Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito (Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Bila merujuk pada Surat Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Muhammad Rizieq Syihab (Habib Rizieq) perlu mengkarantina diri selama 14 hari sejak kepulangannya dari luar negeri. Satuan Tugas Penanganan COVID-19 tingkat pusat mewajibkan Satgas COVID-19 DKI untuk memantau karantina 14 hari Rizieq.

"Fasilitas kesehatan beserta Satgas daerah masing-masing, termasuk tempat di mana yang bersangkutan berdomisili, memiliki kewajiban untuk melakukan pemantauan," kata Juru Bicara Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito, kepada detikcom, Rabu (11/11/2020).

Rizieq pulang ke Tanah Air pada Selasa (10/11) kemarin. Pihak Rizieq melalui Ketua Umum PA 212 Slamet Maarif menyatakan Rizieq sudah menjalani tes COVID-19 dan mendapat hasil negatif. Setibanya di Tanah Air, Rizieq disambut orang banyak di bandara, di jalanan, dan di kediaman Petamburan, Jakarta.

Satgas COVID-19 berharap Rizieq punya kesadaran menjaga kesehatan diri sendiri dan kesehatan banyak orang dengan cara mengkarantina diri selama 14 hari.

"Alangkah lebih baik jika upaya isolasi (karantina -red) tersebut diinisiasi atas kesadaran sendiri demi menyelamatkan diri dan orang lain terkait risiko penularan COVID-19. Hal ini akan sangat membantu upaya pemerintah dalam memasifkan 3T (testing, tracing, treatment)," kata Wiku.

Peraturan WNI yang pulang dari luar negeri diwajibkan harus menjalani karantina 14 hari dulu, sesuai dengan langkah penanggulangan COVID-19 tertuang pada Surat Menteri Kesehatan bernomor PM.03.01/Menkes/338/2020 tentang Penanganan Kepulangan Warga Negara Indonesia (WNI) dan Kedatangan Warga Negara Asing (WNA) dari Luar Negeri di Bandar Udara Soekarno-Hatta dan Bandar Udara Juanda.

Bila Satgas COVID-19 pusat mewajibkan pihak DKI memantau, Wagub DKI justru menyerahkannya ke Satgas COVID-19 pusat, simak halaman selanjutnya:

Selanjutnya
Halaman
1 2