Imbas Massa Habib Rizieq, Otoritas Bandara Soetta: 118 Penerbangan Delay

Ibnu Hariyanto - detikNews
Selasa, 10 Nov 2020 21:35 WIB
Bandara Soekarno Hatta
Ilustrasi Jadwal Penebangan (Ari Saputra/detikcom)

Selain itu, Agus mengatakan sejumlah maskapai memberi kebebasan penjadwalan ulang penerbangan (reschedule) atau pengembalian tiket (refund) bagi pemegang tiket keberangkatan penerbangan pada 10 November 2020 dari Bandara Soekarno-Hatta. Maskapai yang telah mengonfirmasi kebijakan ini adalah Lion Air Group, Garuda Indonesia Group, Indonesia AirAsia, dan Sriwijaya Air Group.

"Maskapai lain mungkin juga memiliki kebijakan serupa. Kami mengimbau agar penumpang yang memiliki tiket keberangkatan 10 November dari Bandara Soekarno-Hatta bisa melakukan konfirmasi terlebih dahulu ke maskapai terkait jadwal penerbangan, reschedule atau refund," jelas Agus Haryadi.

Diberitakan sebelumnya, imbas kerumunan massa penjemput pemimpin FPI Habib Rizieq yang tumpah ruah membuat Tol Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) macet di kedua arah pagi tadi. Ada sejumlah cerita penumpang yang gagal terbang akibat terjebak macet saat menuju bandara.

Salah satu penumpang yang terimbas kemacetan ini adalah Ibeth (29). Ibeth akhirnya gagal terbang setelah terjebak macet parah sejak pukul 06.30 WIB.

"Dari setengah 6. Udah stuck udah macet banget. Udah gitu dicegat polisi," ujar Ibeth kepada wartawan, Selasa (10/11).

Ibeth akhirnya ketinggalan pesawat penerbangan ke Surabaya pagi ini. Dia mengaku rugi besar.


(ibh/dnu)