PAN Minta Habib Rizieq Tertibkan Pendukungnya Patuhi Protokol COVID

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 10 Nov 2020 17:23 WIB
Kawasan Petamburan dipenuhi oleh massa pendukung Habib Rizieq. Mereka berkumpul di sana untuk menyambut kedatangan Habib Rizieq yang pulang ke Indonesia.
Foto: Penyambutan Habib Rizieq di Petamburan (Pradita Utama/detikcom).
Jakarta -

Para pendukung Habib Rizieq Syihab (HRS) membuat kerumunan saat menyambut kedatangan Rizieq sejak di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) hingga kawasan Petamburan, Jakarta. PAN menilai pendukung Rizieq tidak konsisten menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

"Para pendukungnya atau pada jamaahnya Habib Rizieq itu sendiri ternyata tidak mampu secara konsisten untuk menerapkan protokol kesehatan," kata Ketua DPP PAN Saleh Partaonan Daulay kepada wartawan, Selasa (10/11/2020).

Anggota Komisi IX DPR RI ini menyampaikan selamat datang untuk Habib Rizieq di Indonesia. Namun, ia menyoroti masih adanya pendukung yang berdesak-desakan untuk mendekati Rizieq.

"Nah kemudian saya lihat juga. Protokol kesehatan itu kayaknya tidak maksimal dilaksanakan oleh para pendukungnya, bahkan masih berdesakan dan saling dorong mendorong untuk mendekat Habib Rizieq," tuturnya.

Saleh DaulaySaleh Daulay (detikcom).

Lebih lanjut, Saleh juga mendesak Rizieq untuk mengimbau pendukungnya agar tidak melanggar protokol kesehatan. Sebab, jika Rizieq yang menyampaikan hal itu maka pendukung Rizieq pasti akan menurutinya.

"Saya meminta Pak Habib Rizieq Syihab untuk menyampaikan pesan-pesan kebaikan kepada para jamaahnya termasuk di antaranya kebaikan yang paling penting saat ini adalah bagaimana agar semua pendukung itu, semua jamaah itu berjaga-jaga agar tidak melanggar protokol kesehatan. Kalau HRS yang menyampaikan saya yakin itu pasti akan didengar oleh para pendukungnya," tegasnya.

Selain itu, Saleh menyoroti peran aparat penegak hukum dalam menangani keramaian pendukung Rizieq. Ia menilai kurangnya antisipasi polisi terkait penyambutan Rizieq membuat kemacetan total di jalan menuju Bandara Soetta.

"Nah hari ini saya lihat penyambutannya kan luar biasa sampai memacetkan tol bandara dan seterusnya. Saya kira ini belum masuk dalam skenarionya kepolisian sehingga tidak bisa diantisipasi sejak awal. Sehingga terjadinya kemacetan seperti itu," ucapnya.

Plh Ketua Fraksi PAN DPR RI ini berharap semua pihak dapat melakukan introspeksi agar kejadian serupa tidak terulang. Ia tidak menginginkan muncul klaster baru COVID-19.

"Kita tidak bisa menghalangi aktivitas yang akan dilakukannya (Habib Rizieq) selama tidak ada yang melanggar ketentuan perundang-undangan. Dan karena itu yang bisa dilakukan adalah mengantisipasi jangan sampai hal yang sama ini terulang kembali dan menyebabkan munculnya klaster-klaster baru yang kena COVID-19 ini," ucapnya.

Tonton video 'Euforia Massa Berkerumun Menyambut Rizieq Syihab':

[Gambas:Video 20detik]