Begini Suasana di Gerbang Bandara Soetta, Titik Kendaraan Diputar Balik

Farih Maulana Sidik - detikNews
Selasa, 10 Nov 2020 09:00 WIB
Kendaraan di Jalan Raya Bandara Soetta KM 33 diputar balik (Farih Maulana/detikcom)
Kendaraan di Jalan Raya Bandara Soetta Km 33 diputar balik. (Farih Maulana/detikcom)
Jakarta -

Polisi melakukan rekayasa lalu lintas dengan memutarbalikkan kendaraan di Jalan Raya Bandara Soekarno-Hatta yang mengarah ke Bandara Soekarno-Hatta. Kendaraan diputar balik melewati jalan arteri.

Pantauan detikcom, Selasa (10/11) pukul 08.09 WIB, Km 33 Jalan Raya Bandara Soekarno-Hatta menjadi ujung kemacetan sepanjang Tol Sedyatmo. Titik ini berada di depan gerbang Bandara Soekarno-Hatta. Tampak polisi memutarbalikkan mobil-mobil pribadi yang menuju Bandara Soekarno-Hatta.

Kendaraan-kendaraan itu diputar balik menuju Jalan Raya Bandara Soekarno-Hatta arah Jakarta. Meski begitu, taksi dan mobil boks masih diperbolehkan melintas.

Arus lalu lintas di Jalan Raya Bandara Soekarno-Hatta macet total. Pengemudi motor turut diputar balik. Namun, pengemudi ojek yang membawa penumpang tujuan Bandara Soekarno-Hatta diizinkan melintas.

Terlihat massa yang mengenakan pakaian serba putih memilih jalan kaki untuk menuju Bandara Soekarno-Hatta. Massa berjalan perlahan di sela-sela kemacetan. Puluhan personel polisi dan TNI berjaga di Km 33.

Marketing and Communication Department Head Jasamarga Metropolitan Tollroad Irra Susiyanti menyampaikan kepadatan di Bandara Soekarno-Hatta berdampak hingga Jalan Tol Prof. Dr. Ir. Soedijatmo.

Untuk mengantisipasi kemacetan tersebut, Jasa Marga dan kepolisian memberlakukan rekayasa lalu lintas. Kendaraan juga diputar balik di Km 30+800.

"Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) selaku pengelola ruas tol tersebut telah berkoordinasi dengan pihak Kepolisian untuk pengaturan lalulintas guna mengurai kepadatan di jalan tol, bagi pengguna jalan yang sedang dalam perjalanan menuju ke Bandara diputarbalikkan di u-turn Km 30+800," ujarnya.

Untuk diketahui, massa yang penjemput Habib Rizieq sudah memenuhi Terminal 3 Bandara Soetta. Beberapa masih ada yang sedang dalam perjalanan dan berada di luar Terminal 3 Bandara Soetta.

Para petinggi FPI juga sudah tiba di Bandara Soetta untuk menyambut Habib Rizieq. Mereka di antaranya Ketum dan Sekum FPI Shabri Lubis dan Munarman, Habib Hanif Alatas, hingga petinggi PA 212 Slamet Ma'arif dan Novel Bamukmin.

Massa penjemput Habib Rizieq yang berada di Terminal 3 duduk-duduk menunggu kedatangan panutan mereka. Lantunan doa dipanjatkan untuk keselamatan Habib Rizieq.

Sementara itu, aparat TNI tampak berjaga di Terminal 3 Bandara Soetta. Menko Polhukam Mahfud Md sebelumnya menyatakan Habib Rizieq punya hak untuk pulang dan meminta massa penjemput untuk tertib.

(isa/fjp)