Sidak 9 November: 4 Berita Teraktual Hari Ini

Matius Alfons - detikNews
Senin, 09 Nov 2020 22:31 WIB
President-elect Joe Biden joins Vice President-elect Kamala Harris on stage Saturday, Nov. 7, 2020, in Wilmington, Del. (AP Photo/Andrew Harnik, Pool)
Joe Biden (Foto: AP/Andrew Harnik)
Jakarta -

Kabar kemenangan Joe Biden dalam pemilu Amerika Serikat yang disebut dapat menguntungkan Indonesia menjadi perbincangan hangat pada hari ini. Selain itu, kalangan menengah ke atas disebut sebagai penentu meningkatnya ekonomi Indonesia di kuartal ke-4 juga menjadi pembicaraan saat ini.

Rangkuman berita-berita hangat itu ditampilkan dalam tayangan video, berjudul 'SUMPAH, INI BENERAN VIDEO DIA!? SIDAK!: 09/11/2020' yang diunggah akun YouTube CXO Media. Rangkuman berita setiap harinya dikemas secara ringan dan ditayangkan setiap pukul 21.00 WIB.

Berikut rangkuman berita teraktual hari ini:

1. Kabar Bugar: Aston Villa Bantai Arsenal-Real Madrid Dibabat Valencia

Kabar terbaru dari dunia sepakbola, Aston Villa mengalahkan Arsenal dengan tiga goal tanpa balas. Sementara Real Madrid juga tumbang dari Valencia dengan skor 1-4.

Pada lawatan ke Emirates Stadium, Senin (9/11/2020) dini hari WIB, Arsenal sudah tertinggal 0-1 di babak pertama setelah gol bunuh diri Bukayo Saka membawa Villa unggul.

Bahkan ketika laga baru berjalan dua menit, Villa sempat mencetak gol lewat John McGinn tapi dianulir wasit. Pada babak kedua, Arsenal pun tidak mampu meladeni perlawanan Villa yang lantas menambah dua gol lagi lewat Ollie Watkins. Hingga laga Arsenal vs Aston Villa tuntas, skor 3-0 bertahan untuk kemenangan tim tamu.

Sementara kabar serupa juga datang dari Liga Spanyol di mana Real Madrid tumbang atas Valencia. Real Madrid dikalahkan dengan skor 1-4 oleh Valencia.

Los Blancos membuka skor lebih dulu lewat gol Karim Benzema di menit ke-23. Usai gol tersebut, Madrid justru keteteran menghadapi serangan Valencia. Tim tuan rumah sukses membalikkan keadaan dan tanpa ampun menjebol gawang Los Merengues empat kali.

2. Analisis Berkelas Terhadap Keaslian dan Asal Mula Video!

Pendiri Drone Emprit and Media Kernels Indonesia, Ismail Fahmi, memberikan tutorial bagaimana mengecek keaslian foto dan video yang tengah viral. Ismail mengatakan jika mendapat kiriman video atau foto harus terlebih dulu dianalisis.

Tutorial pertama yakni dengan mengecek apakah video atau foto terkait merupakan video baru atau lama. Selanjutnya yakni dengan screenshot beberapa bagian video yang unik dan ikonik.

Kemudian download aplikasi 'Search By Image' lalu upload tangkapan layar video melalui aplikasi tersebut. Setelah itu akan ada hasil pencarian dari 3 search engine yakni Google, Yandex, dan Bing.

Kemudian Ismail menyebut netizen bisa mencari adakah gambar yang sama dengan tangkapan layar dari 3 search engine tersebut. Jika ditemukan ada yang cocok, netizen disarankan untuk mengecek sumber, tanggal kejadian, dan kredibilitas situs tersebut.

Selanjutnya
Halaman
1 2