Pengakuan Saksi Kenalkan Djoko Tjandra ke Pinangki di Malaysia

Zunita Putri - detikNews
Senin, 09 Nov 2020 18:11 WIB
Pinangki Sirna Malasari kembali jalani sidang lanjutan terkait kasus suap Djoko Tjandra terkait fatwa MA. Ia tampak berbusana syari saat hadiri sidang itu.
Pinangki Sirna Malasari (Foto: Ari Saputra)
Jakarta -

Saksi bernama Rahmat menceritakan awal mula Pinangki Sirna Malasari dan Joko Soegiarto Tjandra alias Djoko Tjandra bertemu. Rahmat mengaku membantu keduanya untuk bertemu.

Awalnya, Rahmat bertemu Pinangki di Kejaksaan Agung (Kejagung) saat membahas kerja sama perusahaan Rahmat yang bernaung di bidang CCTV IT dan Robotic dengan Kejagung. Singkat cerita, Rahmat dan Pinangki mulai akrab dan kerap bertemu di luar pekerjaan.

Setelah itu, Pinangki mulai meminta Rahmat mengenalkan dengan Djoko Tjandra. Rahmat menyebut dirinya sudah lebih dulu mengenal Djoko Tjandra dibanding Pinangki, pertemuan Rahmat dan Djoko Tjandra terjadi pada 2018.

"Rahmat kenalin saya dong dengan Djoko Tjandra saya mau bisnis, (Rahmat jawab-red) saya konfirmasi dulu 2 atau 3 hari saya kirim nomor telepon Bu Pinangki ke Djoko Tjandra, lalu Djoko Tjandra bilang ke saya 'tanggal 12 boleh ketemu di Malaysia'," kata Rahmat dalam sidang di PN Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakpus, Senin (9/11/2020).

"Itu bos Malaysia saya cari tahu dulu bisa ketemu atau tidak dia," sambung Rahmat.

Jaksa juga mengkonfirmasi berita acara pemeriksaan (BAP) Rahmat yang menyebut Djoko Tjandra 'orang nggak gampang untuk bertemu'. Menurut Rahmat, Djoko Tjandra saat itu berada di rombongan orang hebat saat pertama kali keduanya berkenalan.

"Saudara mengatakan 'wah orangnya nggak gampang, saya cari info dulu'. Nggak gampang, maksudnya?" tanya jaksa.

"Karena saat saya dikenalkan dengan Pak Djoko Tjandra 15 Mei 2018 pas pembebasan Anwar Ibrahim banyak rombongan orang hebat di Malaysia," jawab Rahmat.

Singkat cerita, Rahmat memberikan nomor Pinangki ke Djoko Tjandra. Djoko Tjandra kemudian menghubungi Rahmat pada 11 November 2019 kalau mau bertemu dengan Pinangki pada 12 November di Malaysia.

"Saya kontak Bu Pinangki dia bilang 'saya di Malaysia karena lagi temani orang tua di Malaysia, temenin saya ya Rahmat (bertemu Djoko Tjandra). Saya cek saya ada seminar robotic di Malaysia tanggal 15, jadi oke deh kalau Bu Pinangki mau saya temenin," kata Rahmat.

Akhirnya Rahmat dan Pinangki bertemu Djoko Tjandra. Penjelasan lengkap soal pertemuan mereka di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2