Wagub DKI: Jemput Habib Rizieq di Bandara Nggak Perlu Banyak-banyak

Muhammad Ilman Nafian - detikNews
Senin, 09 Nov 2020 17:50 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria
Foto: Ahmad Riza Patria (Ilman/detikcom).
Jakarta -

Habib Rizieq Syihab berencana pulang ke Indonesia dari Arab Saudi. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meminta kepada masyarakat untuk tak terlalu ramai datang ke bandara menjemput Rizieq.

"Ya kalau dijemput ke bandara nggak perlu banyak-banyak. Nanti kalau banyak-banyak yang jemput, apalagi jumlahnya sebanyak itu sampai jutaan, tentu ini nanti menimbulkan kerumunan dan kalau kerumunan ada potensi penyebaran," ujar Riza kepada wartawan, Senin (9/11/2020).

"Jadi masyarakat juga harus hati-hati dan cermat. Niatnya baik, maksudnya dan tujuannya baik, tapi caranya juga harus dilakukan dengan lebih baik lagi," sambungnya.

Menurutnya, untuk menjemput Rizieq di bandara sebaiknya diwakilkan saja oleh tokoh-tokoh. Sehingga, tidak berbondong-bondong datang ke bandara yang dikhawatirkan terjadi penularan Corona.

"Dengan cara apa? Ya menjemput diwakilkan saja dengan tokoh-tokoh yang mewakili masyarakat mendukung dan sebagainya. Kalau nanti semua berbondong-bondong datang ke bandara, nanti bandaranya macet dan terjadi kerumunan ya," katanya.

Lebih lanjut, Riza berharap kehadiran Rizieq di Tanah Air bisa memberikan kesejukan kepada masyarakat. "Kehadiran Habib Rizieq kan diharapkan memberi kesejukan bagi warga. Bagi pengikut, pendukung-pendukung dan sebagainya," katanya.

Riza mengatakan pihaknya menyambut baik setiap hak orang yang ingin tinggal di Jakarta. Dia juga tidak mempermasalahkan kedatangan Rizieq.

"Bagi pemprov itu terkait Habib Rizieq, itu kan menghormati hak seluruh warga Jakarta. Kalau memang sudah bisa kembali ke Jakarta kami menghormati dan menghargai, itu adalah pilihan dan hak semua warga negara juga warga Jakarta untuk bisa tinggal atau kembali ke Jakarta. Tentu kami welcome saja siapapun yang ingin tinggal di Jakarta, sejauh sesuai peraturan dan ketentuan yang ada," imbuh Riza.