RSUP Sanglah Denpasar Kremasi 30 Jenazah Telantar

Angga Riza - detikNews
Senin, 09 Nov 2020 13:28 WIB
Puluhan jenazah terlantar dikremasi di RSUP Sanglah, Senin (9/11/2020).
Sebanyak 30 jenazah telantar dikremasi. (Dok: RSUP Sanglah)
Denpasar -

RSUP Sanglah bekerja sama dengan Dinas Sosial Provinsi Bali mengkremasi puluhan jenazah telantar. Jenazah yang dikremasi telah disimpan di RSUP Sanglah sejak 2017.

"Saat ini ada 30 jenazah yang akan dikremasi dalam 2 hari ini. Hari ini ada 5 peti jenazah yang akan dikremasi dan sisanya besok. Ini jenazah-jenazah terlantar ini sudah disimpan di bagian forensik dari 2017 sampai 2020," kata Direktur Perencanaan Operasional dan Umum RSUP Sanglah dr Ni Luh Dharma Kerti Natih melalui video, Senin (9/11/2020).

Kremasi jenazah terlantar ini yang dilakukan setelah mendapatkan surat pembebasan dari pihak kepolisian dan Dinas Sosial. Surat tersebut diperlukan agar pihak rumah sakit tidak menginvestigasi lagi identitas atau pihak keluarga jenazah.

"Ya, jadi kami ada tim untuk penanganan jenazah telantar, di mana tim tersebut akan bersurat terhadap polsek atau kepolisian, (menanyakan) dari mana jenazah tersebut dibawa sebelumnya, untuk mendapatkan keterangan untuk pembebasan jenazah tersebut, sehingga tidak dilakukan investigasi lagi untuk terutama yang terkait kasus tertentu," papar Kerti.

Kerti menjelaskan kremasi puluhan jenazah itu berdampak positif bagi pihak rumah sakit. Di mana, kapasitas penyimpanan jenazah di RSUP Sanglah menjadi meningkat.

"Mari kita doakan bersama semoga pelaksanaan upacara ini berjalan dengan lancar, dan semoga semua jenazah yang dikremasi ini mendapat tempat terbaik di Alam Keheningan", ucap Kerti.

(zak/zak)