Komnas Perempuan soal Heboh Video Seks Mirip Artis: Wanita Selalu Disalahkan

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Minggu, 08 Nov 2020 19:53 WIB
Jakarta -

Video seks viral yang oleh warganet disebut dengan deskripsi mirip artis beredar dalam 2 hari ini. Komnas Perempuan menyayangkan sikap masyarakat yang masih menempatkan perempuan menjadi objek seksual dan paling disalahkan dalam kasus asusila.

"Ketika dia ada di ruang publik kita hebohkan nih perempuan, jadi itu menunjukkan bahwa masyarakat kita memang belum bergerak, dia masih menempatkan perempuan yang pertama sebagai objek seks, yang kedua selalu menyalahkan perempuan pada peristiwa yang dianggap melanggar kesusilaan," kata Ketua Komnas Perempuan, Andy Yentriyani saat dihubungi, Minggu (8/11/2020).

Andy mendesak polisi untuk mengusut siapa penyebar video asusila tersebut. Karena sejatinya, menurut Andy, bukan tentang siapa yang ada dalam video itu tapi siapa yang turut memproduksi sampai menyebarluaskan di media sosial.

"Kami sih berharap agar kasus ini betul-betul diperiksa dengan pihak kepolisian. tapi terutama juga sebetulnya kan yang jadi masalah bukan orang yang terlibat di dalam gambar itu, tetapi siapa yang memproduksi dan menyebarluaskan. Jadi kita harus memberikan perhatian untuk bisa mengetahui siapa yang memproduksi dan menyebarluaskan, atas tujuan apa produksi dan penyebarluasan itu. Mari kita fokuskan di sana karena siapa saja bisa jadi korban," tuturnya.

Bukan hanya itu, Andy juga meminta masyarakat untuk menghentikan penyebaran video seks yang dimiripkan oleh warganet dengan dua artis wanita ini. Mengingat, kata Andy, pengguna media sosial bukan hanya terdiri dari kalangan orang dewasa melainkan juga anak-anak yang sangat rentan mengakses video yang sarat pornografi itu.

"Kami juga agak khawatir ya, banyak orang tua yang dia tidak terlalu peduli dengan ini, kemudian bahkan ada mungkin ada pengalaman Komnas Perempuan dalam kasus ini banyak orang tua yang mendownload itu masuk ke handphonenya, nanti handphonenya dipegang anak-anaknya, anaknya lebih paham teknologi terus juga jadi menonton karena orang tuanya menyimpan," ungkapnya.

Salah satu video seks yang viral itu disebut netizen 'mirip Gisel'. Artis Gisela Anastasia sudah memberikan tanggapan soal video seks mirip dirinya yang ramai beredar.

"Muka yang kayak aku juga banyak kan?" jawab Gisel dalam YouTube Cumicumi.

Selanjutnya
Halaman
1 2