IPW Beberkan Karakter Begal Sepeda, Begal Motor, dan Begal Payudara

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Sabtu, 07 Nov 2020 19:02 WIB
Jakarta -

Indonesia Police Watch (IPW) mengapresiasi Polda Metro Jaya karena telah berhasil menangkap dua begal sepeda yang korbannya merupakan seorang kolonel Marinir. IPW menilai Polda Metro bergerak cepat langsung melakukan pelacakan melalui kamera CCTV setelah mendapat laporan.

"Jajaran Polda Metro Jaya patut diberi apresiasi karena sudah berhasil menangkap dua begal yang menyebabkan seorang perwira Marinir Kolonel (Mar) Pangestu Widiatmoko mengalami luka-luka saat bersepeda di kawasan Gambir akhir Oktober lalu," kata Ketua Presidium IPW Neta S Pane melalui keterangan tertulis, Sabtu (7/11/2020).

"Penangkapan itu didasarkan dari identifikasi rekaman CCTV yang telah didapat polisi. Kedua begal itu berinisial RHS (32) dan RY (39), yang merupakan warga Senen. Begitu peristiwa itu terjadi, Polda Metro Jaya langsung melakukan pelacakan dan mendapat identitas pelaku pembegalan dan kemudian menangkapnya," lanjutnya.

Neta menuturkan, sejak lima tahun terakhir, beragam aksi pembegalan kerap muncul dan menjadi tren di wilayah hukum Polda Metro. Neta menyampaikan, ada tiga jenis aksi pembegalan yang selama ini terjadi.

"Indonesia Police Watch (IPW) mendapati aksi begal menjadi tren di Indonesia, terutama di wilayah hukum Polda Metro Jaya, sejak lima tahun terakhir. Ada tiga jenis begal di Jabodetabek. Yakni begal sepeda motor, begal payudara, dan begal sepeda," tuturnya.

Selanjutnya, karakter tiga jenis begal: