PKS Berharap Masyumi Reborn Jadi Teman Mengkritisi Pemerintah

Danu Damarjati - detikNews
Sabtu, 07 Nov 2020 13:24 WIB
Logo PKS di Kantor DPP PKS, TB Simatupang
Foto ilustrasi (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Partai Masyumi telah dideklarasikan. PKS, partai yang sempat disinggung dalam deklarasi Masyumi, berharap Masyumi menjadi teman dalam mengkritisi pemerintah.

"Kita berharap Masyumi bisa menjadi teman PKS dalam mengawal demokrasi dan mengkritisi pemerintah bila pemerintah keluar dari jalur demokrasi, jalur semangat reformasi, dan proklamasi," kata politikus PKS Hidayat Nur Wahid (HNW) kepada detikcom, Sabtu (7/11/2020).

HNW disebut oleh deklarator Masyumi, Ahmad Cholil Ridwan, sempat menolak massa PA 212 dan mantan anggota Partai Bulan Bintang (PBB). Namun HNW menyatakan PKS tidak menolak massa PA 212 dan PBB. PKS tetap ingin menjalin hubungan baik dengan Masyumi dan massa Islam sesuai dengan prinsip ukhuwah islamiyah (persaudaraan dalam Islam).

"Kami di DPR memerlukan teman-teman yang banyak di luar DPR. Sampai 2024 mereka belum ada di DPR. Kami di DPR yang disebut oposisi, memerlukan teman yang lebih banyak," kata HNW, yang juga Wakil Ketua MPR.

HNW mengenal para deklarator Masyumi Reborn, yakni Cholil Ridwan, MS Kaban, dan Ahmad Yani. Mereka adalah orang-orang Partai Bulan Bintang (PBB) pada era sebelumnya. Ahmad Yani juga pernah menjadi anggota DPR dari PPP. Ada pula Abdullah Hehamahua, yang dikenal HNW pernah menjadi tokoh Partai Masyumi Baru pada era Pemilu 1999.

"Selamat!" kata HNW.

Selanjutnya, Amien Rais pun menyambut baik:

Selanjutnya
Halaman
1 2