Tentang Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbarui dan Contohnya

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 06 Nov 2020 19:19 WIB
Curug Indra di Sukabumi
Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom/Tentang Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbarui dan Contohnya

2. Tumbuhan

Sumber daya alam yang dapat diperbarui berupa tumbuhan sangat bermanfaat bagi kesejahteraan hidup manusia. Tumbuhan yang ada bisa ditemukan dan dihasilkan dari hutan, lahan pertanian, dan perkebunan.

a) Hasil hutan

Hutan adalah sebuah areal luas yang ditumbuhi beraneka ragam pepohonan. Dilihat dari arealnya, hutan dibagi menjadi beberapa jenis.

1. Hutan lindung

Yaitu hutan yang berfungsi melindungi tanah dari erosi, banjir, dan tanah longsor. Dengan adanya hutan lindung kesuburan tanah dan area resapan air senantiasa terjaga.

2. Hutan produksi

Yaitu hutan yang berfungsi untuk menghasilkan berbagai produk industri dan bahan perlengkapan masyarakat seperti kayu lapis, mebel, bahan bangunan, dan kerajinan tangan.

3. Hutan wisata

Hutan yang ditujukan khusus untuk menarik para wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.

4. Hutan suaka alam

Hutan yang berfungsi memelihara dan melindungi flora dan fauna.

Dari sumber daya hutan banyak dihasilkan berbagai jenis kayu seperti rotan, pinus, jati, damar, mahoni, dan cendana. Selain itu tersedia pula aneka jenis hewan, bunga, dan tumbuhan lain yang secara langsung maupun tidak langsung bermanfaat bagi manusia.

Jika dikelola dengan baik, hutan akan terus menyediakan hasil yang dibutuhkan manusia. Boleh saja hutan ditebang asal segera dilaksanakan penanaman kembali.

Para pengusaha dan penebang pohon harus mampu memilih kebutuhan dari hasil hutan yang diperlukan.

Penebangan hutan secara liar dapat menimbulkan berbagai bencana bagi manusia.

b) Pertanian

Pertanian hingga saat ini masih menjadi sektor andalan bagi Indonesia. Hal ini karena kebanyakan penduduk Indonesia bermata pencaharian di bidang pertanian atau bercocok tanam.

Oleh karena itu Indonesia dikenal sebagai negara agraris.

Pertanian di Indonesia menghasilkan berbagai macam tumbuhan. Tumbuhan tersebut antara lain padi, jagung, kedelai, sayur-sayuran, cabai, bawang, dan berbagai macam buah-buahan.

c) Perkebunan

Jenis tanaman perkebunan yang ada di Indonesia yakni karet, cokelat, teh, tembakau, kina, kelapa sawit, kapas, cengkeh, dan tebu. Hasil dari tanaman perkebunan itu diekspor ke luar negeri.

Beberapa negara yang mengimpor hasil perkebunan Indonesia antara lain Inggris, Belanda, dan Jepang.