Duduk Perkara Fredrich Gugat Setya Novanto Rp 2 T Terkait Fee Pengacara

Zunita Putri - detikNews
Jumat, 06 Nov 2020 14:42 WIB
Jakarta -

Fredrich Yunadi menggugat eks Ketua DPR Setya Novanto dan istri Deisti Astriani terkait jasa fee kuasa hukum. Bagaimana awal masalah ini muncul?

"Terkait gugatan Pak Fredrich terhadap Pak Setya Novanto itu memang gugatan wanprestasi, jadi terkait dengan fee jasa lawyer yang belum terbayar," ujar pengacara Fredrich Yunadi, Rudy Marjono, saat dikonfirmasi, Jumat (6/11/2020).

Rudy menyebut kliennya itu sewaktu menjadi pengacara Setya Novanto kasus proyek e-KTP tidak mendapat fee secara penuh dari fee di kesepakatan awal. Menurut Rudy, Fredrich hanya mendapat fee sebagian kecil.

"Jadi, Pak Fredrich sebagai kuasa hukum Pak Setya Novanto pada sidang terdahulu itu dia sudah melakukan tugasnya sebagai profesi. Namun, dengan jalannya waktu kemudian ada persoalan terkait dengan fee yang tidak dibayar, hanya dibayar sebagian itupun dibayar dengan nilai kecil saja dari nilai kontrak yang disepakati," ungkap Rudy.

Lebih lanjut, Fredrich, kata Rudy sudah berupaya menagih sisa fee. Namun, tidak ada itikad baik dari Novanto sehingga Fredrich menempuh jalur hukum.

"Jadi, dari 14 kuasa yang beliau pernah kerjakan, hanya dibayar sedikit dari situ, makanya itu ditagih sama Pak Fredrich karena Pak Setnov tidak mempunyai itikad baik atau tidak ada kata sepakat untuk penyelesaian pembayaran itu, sehingga terpaksa pak Fredrich menggugat," katanya.

Total kerugian materiil dan immateriil Fredrich sebesar Rp 2 triliun. Simak di halaman selanjutnya.