Komisi II Minta Setneg-Pemprov DKI Duduk Bersama Cari Solusi Sertifikasi Monas

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Kamis, 05 Nov 2020 19:19 WIB
Proyek revitalisasi Monas bagian selatan yang penuh polemik sudah selesai dikerjakan. Berikut deretan foto-foto sejak polemik proyek ini mencuat hingga masuk babak akhir.
Tugu Monas (Foto: Tim detikcom)

Untuk menghindari permasalahan di kemudian hari, Saan meminta semua tindakan terkait kawasan Monas harus diputuskan kedua pihak. Hal itu berkaca dari permasalahan penebangan pohon di Monas yang kala itu juga menjadi polemik antara Setneg dan Pemprov DKI.

"Kalau ini dikelola secara bersama, jadi tidak boleh ada pihak yang melakukan tindakan sendiri tanpa dibicarakan bersama. Misalnya kalau kita mau ngelola Monas nih ya, mau dijadiin apa, tentu tidak bisa sepihak, jadi harus dibicarakan secara bersama, disetujui secara bersama. Berunding dulu lah antara kedua pihak lah," ujar Saan.

Sebelumnya, KPK menggelar rapat koordinasi (rakor) dengan Kemensetneg dan Pemprov DKI Jakarta terkait upaya sertifikasi tanah Monas. KPK ikut memantau perkembangan sertifikasi Monas di mana ada perbedaan antara Setneg dan Pemprov DKI.

Berdasarkan informasi yang disampaikan Kemensetneg kepada KPK, hingga kini tanah kawasan Monas belum bersertifikat. Kawasan Monas masih berada dalam pengelolaan Pemprov DKI Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ingin mensertifikasi tanah Monas atas nama Pemprov DKI Jakarta. Usulan itu telah disampaikan kepada Presiden Joko Widodo.

Di sisi lain, keinginan Gubernur Anies Baswedan tidak sejalan dengan keinginan Kemenseteg. Keterangan dari KPK menceritakan, Kemensetneg pada 23 September 2020 telah berkoordinasi dengan Kantor Wilayah BPN Provinsi DKI Jakarta. Disebutkan, telah disepakati perlu ada pertemuan tripartit antara Kemensetneg, BPN, dan Pemprov DKI Jakarta.

Pada 24 Juli 2019, Kemensetneg telah mengirimkan surat permohonan kepada Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/BPN untuk menerbitkan hak atas tanah Monas dengan sertifikat hak pakai atas nama Kemensetneg.


(azr/lir)