Tabrakan Kapal di Perairan Langkat Sumut, 1 ABK Tewas-1 Hilang

Datuk Haris Molana - detikNews
Kamis, 05 Nov 2020 18:16 WIB
Ilustrasi kapal tenggelam atau kecelakaan kapal(Dok detikcom)
Foto: Ilustrasi kapal tenggelam (Dok detikcom)
Langkat -

Tabrakan kapal nelayan terjadi di Perairan Desa Bubun, Tanjung Pura, Langkat, Sumatera Utara (Sumut). Satu orang ABK meninggal dunia dan satu orang lainnya hilang.

"Basarnas Medan terjunkan personel lakukan pencarian," kata Kepala Kantor SAR Medan, Toto Mulyono, kepada wartawan, Kamis (5/11/2020).

Kapal nelayan yang terlibat kecelakaan adalah kapal pencari ikan gembung dengan kapal nelayan pukat teri. Kecelakaan itu terjadi di wilayah 6 mil dari pantai Tanjung Pura, Langkat, Rabu (4/11) malam.

Toto mengatakan pihaknya belum mengetahui detail penyebab tabrakan tersebut. Dia mengatakan pihaknya fokus melakukan pencarian ABK yang hilang.

"Diketahui saat kejadian POB (person on board) kapal nelayan jaring gembung berjumlah empat orang, setelah kejadian dua orang ABK selamat, satu orang ditemukan meninggal dunia dan satu lagi masih dalam pencarian," ujar Toto.

Dia mengatakan ada delapan orang petugas Basarnas yang diterjunkan ke lokasi. Petugas di lapangan dilengkapi peralatan selam untuk mencari korban.

"Saat informasi kita dapatkan dari Camat Tanjung Pura, kita langsung menerjunkan personel sebanyak 8 orang dengan membawa peralatan water rescue dan juga peralatan selam, semoga cuaca dilokasi bersahabat sehingga tim di lapangan bisa bekerja secara maksimal," sebut Toto.

(haf/haf)