PD Pertanyakan Dana PEN DKI Tak Fokus Bantu UMKM Terdampak COVID-19

Muhammad Ilman Nafian - detikNews
Kamis, 05 Nov 2020 13:45 WIB
Rapat paripuna raperda perubahan APBD DKI Jakarta 2020, di gedung DPRD DKI Jakarta, Kebon Sirih, Kamis (5/11/2020).
Rapat paripurna raperda perubahan APBD DKI Jakarta 2020 (Ilman/detikcom)
Jakarta -

DPRD DKI Jakarta menggelar rapat paripurna yang beragendakan pandangan umum fraksi-fraksi terkait Raperda tentang Perubahan APBD Provinsi DKI Jakarta Tahun 2020. Dalam kesempatan itu, Fraksi Partai Demokrat (PD) DPRD DKI Jakarta mempertanyakan mengenai penggunaan dana pemulihan ekonomi nasional (PEN) ke Pemprov DKI Jakarta.

Anggota DPRD DKI Jakarta F-PD Nur Afni Sajim dalam membacakan pandangan umum fraksinya mengatakan dana pinjaman PEN itu sebaiknya digunakan untuk membantu masyarakat. Dana tersebut dinilai lebih baik digunakan untuk membantu pelaku usaha UMKM yang terdampak pandemi COVID-19.

"Fraksi Partai Demokrat meminta penjelasan dari Saudara Gubernur mengapa lebih memfokuskan pinjaman daerah untuk pembangunan infrastruktur dibandingkan dengan memberikan bantuan kepada para pelaku usaha, khususnya UMKM yang terdampak COVID-19," ujar Afni di ruang rapat paripurna DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (5/11/2020).

Dana PEN DKI Jakarta pada 2020 ini cair sebesar Rp 3,26 triliun. Pemprov DKI Jakarta akan menggunakan dana tersebut untuk membangun infrastruktur.

"Pinjaman tersebut diperuntukkan untuk kegiatan peningkatan infrastruktur," katanya.

Afni merinci penggunaan dana tersebut untuk peningkatan layanan air minum sebesar Rp 14,9 miliar, pengelolaan sampah Rp 91,67 miliar, transportasi Rp 768,14 miliar. Kemudian untuk pariwisata dan kebudayaan sebesar Rp 200 miliar.

Selain itu, dana pinjaman PEN juga akan digunakan untuk membangun Jakarta International Stadium Rp 1,18 triliun. Sisanya, Rp 1 triliun untuk pengendalian banjir. Saat ini masing-masing fraksi di DPRD DKI masih menyampaikan pandangan umumnya.

Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria menjelaskan dana PEN tersebar untuk beberapa program. Bagaimana penjelasannya?