KPM Takabonerate Resmi Berlayar untuk Perlancar Transportasi Selayar-Bira

Ibnu Munsir - detikNews
Rabu, 04 Nov 2020 18:56 WIB
Kapal motor penyeberangan (KPM) Takabonerate siap berlayar di Selayar, Sulsel. Kapal roll on roll off (Ro-Ro) berkapasitas 500 GT ini mulai berlayar hari ini. (Ibnu Munsir/detikcom)
Foto: Kapal motor penyeberangan (KPM) Takabonerate siap berlayar di Selayar, Sulsel. Kapal roll on roll off (Ro-Ro) berkapasitas 500 GT ini mulai berlayar hari ini. (Ibnu Munsir/detikcom)
Makassar -

Kapal motor penyeberangan (KPM) Takabonerate siap berlayar di Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Kapal roll on roll off (Ro-Ro) berkapasitas 500 GT ini mulai berlayar hari ini.

Dirut PT IKI Wilayah Sulsel, Diana Rosa, mengaku sangat bersyukur dengan amanah yang diberikan sejak tiga bulan yang lalu dapat banyak dukungan, terkhusus dari Gubernur Sulsel, Kapolda Sulsel, Pangdam Hasanuddin, dan paling penting adalah dukungan dari seluruh jagoan di internal PT IKI ini.

"Alhamdulillah pada tanggal 4 November ini kita bisa melakukan peluncuran. Kami bisa, Insyaallah PT IKI akan membanggakan Sulawesi Selatan dan bahkan Indonesia," ucap Diana dalam sambutan peluncuran KPM Takabonerate di Kawasan PT IKI Sulsel, Rabu (4/11/2020).

Sementara itu, Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, mengapresiasi program pembuatan kapal Ro-Ro Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk masyarakat Sulsel ini.

Kapal motor penyeberangan (KPM) Takabonerate siap berlayar di Selayar, Sulsel. Kapal roll on roll off (Ro-Ro) berkapasitas 500 GT ini mulai berlayar hari ini. (Ibnu Munsir/detikcom)Kapal roll on roll off (Ro-Ro) berkapasitas 500 GT ini mulai berlayar hari ini. (Ibnu Munsir/detikcom)

"Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mengucapkan terima kasih banyak kepada Kementerian Perhubungan Republik Indonesia yang begitu tahu betul apa yang menjadi kebutuhan kita di Sulsel," ujar Nurdin di lokasi yang sama.

Nurdin menjelaskan, dari 24 kabupaten/kota di Sulsel, setidaknya ada 330 daerah kepulauan dan terbanyak di Kabupaten Kepulauan Selayar. Terkhusus untuk dua pulau dan satu kabupaten di Sulsel yakni Selayar, Danau Matano, dan Danau Towuti, sudah dibuatkan kapal penyeberangan khusus dengan kapasitas yang berbeda dari Kemenhub.

"Pemprov Sulsel menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Perhubungan dan PT IKI karena tepat hari ini, kita sama-sama meluncurkan kapal Ro-Ro untuk masyarakat Kepulauan Selayar dengan kapasitas 500 GT," jelasnya.

Mewakili seluruh masyarakat Sulsel, khususnya Kabupaten Selayar, Nurdin mengucap syukur dengan adanya kapal ini. Pasalnya, kapal ini akan mempermudah pemilik kendaraan, baik roda dua maupun roda empat, untuk menyeberangkan kendaraannya dari Selayar-Bira maupun Bira-Selayar.

"Dengan kehadiran kapal Ro-Ro ini, dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Sulawesi Selatan, baik dari Selayar ke Bira maupun dari Bira ke Selayar," imbuhnya.

Tonton video 'Ini Kunci Keselamatan Pakai Transportasi Publik':

[Gambas:Video 20detik]



(jbr/jbr)