Kapal Kandas di Pulau Selayar Sulsel, 32 Penumpang Dievakuasi

Hermawan Mappiwali - detikNews
Selasa, 27 Okt 2020 17:17 WIB
Kapal KM Asia Raya dilaporkan kandas di salah satu pulau di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan (dok. Istimewa).
Foto: Kapal KM Asia Raya dilaporkan kandas di salah satu pulau di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan (dok. Istimewa).
Selayar -

Kapal KM Asia Raya dilaporkan kandas di salah satu pulau di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Sedikitnya 32 orang penumpang di kapal tersebut bisa dievakuasi.

"Laporan kejadiannya (kapal kandas) kami terima sekitar pukul 08.30 Wita pagi tadi," kata Kapolres Selayar AKBP Temmangnganro Machmud kepada wartawan, Selasa (27/10/2020).

Dia mengatakan, KM Asia Raya dinahkodai Yoseph Lahamendu memulai pelayaran dari wilayah Bonerate ke Reo, Selayar pada Senin (26/10). Akan tetapi kapal mengalami kandas saat melintas di Pulau Tertera atau di perairan Desa Majapahit, Selayar.

"KM Asia Raya bertolak dari Pelabuhan Bonerate menuju Reo dan pada pukul 22.22 Wita KM Asia Raya mengalami salah haluan dan mengakibatkan kandas di Pulau Tertera Desa Majapahit," beber Temmangnganro.

Mengetahui kejadian ini, tim gabungan kepolisian dan staf syahbandar setempat mendatangi lokasi dan mulai mengevakuasi para penumpang ke daratan menggunakan KM Bunga Batari.

"Selanjutnya penumpang ditampung di Kantor Syahbandar Bonerate," katanya.

AKBP Temmangnganro mengatakan, para penumpang yang berjumlah 32 orang itu seluruhnya dalam kondisi sehat alias selamat.

"Dari 32 penumpang itu ada penumpang lanjutan sebanyak 3 orang, penumpang tambahan dari Bonerate sebanyak 29 orang. Alhamdulillah semuanya selamat," pungkas Temmangnganro.

(nvl/nvl)