50 Calon Pemimpin Perusahaan Pertambangan Selesai Jalani Pendidikan

Yudistira Imandiar - detikNews
Rabu, 04 Nov 2020 18:49 WIB
Holding Industri Pertambangan atau Mining Industry Indonesia (MIND ID) telah mencetak 50 orang calon pemimpin dalam perusahaan Grup MIND ID.
Foto: Dok. MIND ID
Jakarta - Holding Industri Pertambangan atau Mining Industry Indonesia (MIND ID) telah mencetak 50 orang calon pemimpin dalam perusahaan Grup MIND ID. Calon-calon pemimpin tersebut telah melalui program pelatihan di beberapa universitas di Amerika Serikat dan menjalani program magang (program immersion dan apprenticeship) di beberapa perusahaan kelas dunia.

Program pengembangan talenta yang dilakukan MIND ID terdiri dari Senior Leaders Development Program (SLDP) untuk peserta yang menduduki jabatan satu level di bawah direksi dengan durasi program selama sembilan bulan, dan Emerging Leaders Development Program (ELDP) untuk peserta yang menduduki jabatan dua level di bawah direksi dengan durasi program selama 12 bulan.

MIND ID bekerja sama dengan perusahaan konsultan manajemen Korn Ferry dan sejumlah universitas terkemuka, antara lain Wharton School (University of Pennsylvania); Darden School of Business (University of Virginia); dan Sloan School of Management (Massachusetts Institute of Technology) dalam menyelenggarakan program pelatihan tersebut. Selain itu, para peserta mendapatkan mentoring dari tokoh-tokoh ternama dari dunia usaha nasional dalam program magang kerja.

Direktur Layanan Strategis MIND ID Ogi Prastomiyono yang bertugas sebagai direktur program SLDP dan ELDP menjelaskan program pelatihan ini merupakan salah satu upaya pengembangan pemimpin yang profesional, berintegritas, berkarakter, dan berkualitas serta bertujuan untuk mengembangkan kapabilitas Top Talent di Group MIND ID. Para peserta pelatihan disiapkan untuk menjadi figur yang kompeten yang menjunjung nilai inti dari Kementerian BUMN, yakni AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif).

"Program ini dirancang untuk menyiapkan dan memastikan lahirnya calon pemimpin yang unggul dan ber-AKHLAK serta berwawasan dan berdaya saing global. Peserta yang lulus ini akan mengisi Talent Pool di Group MIND ID dan juga di Kementerian BUMN," jelas Ogi melalui keterangan tertulis, Rabu (4/11/2020).

"Melalui program ini kami berharap para peserta dapat memimpin eksekusi inisiatif-inisiatif strategis Grup MIND ID secara efektif dan siap menjadi pemimpin yang unggul dan berdaya saing global," imbuhnya.

Program SLDP dan ELDP merupakan bagian dari rangkaian inisiatif strategis pengembangan talenta dalam mentransformasi kepemimpinan di manajemen Group MIND ID yang menaungi PT ANTAM Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum (Persero) dan PT Timah Tbk. Program ini, kata Ogi, selaras dengan program prioritas lima tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo untuk membangun sumber daya manusia Indonesia dan juga Roadmap Kementerian BUMN untuk mengakselerasi perwujudan BUMN sebagai agen pencipta dan agen pembangunan.

"Kami diberikan kesempatan untuk belajar di perusahaan global dan juga di universitas terkemuka untuk nantinya memberikan kontribusi kepada Grup MIND ID," ungkap Endria Novyaningsih, salah satu peserta yang berasal dari PT Timah Tbk.

Program ini juga mendapat dukungan dan kerjasama dari Rumah Mentor Indonesia (RUMI) sebagai lembaga yang menyiapkan mentor-mentor dalam negeri terkemuka untuk para peserta program.

Sementara itu, acara kelulusan peserta SLDP dan ELDP Cohort 1 dilaksanakan beberapa waktu lalu. Keluarga para peserta hadir dalam acara yang dilaksanakan secara virtual. Acara juga dihadiri Wakil Menteri BUMN 1 Budi Gunadi Sadikin, Deputi Bidang SDM dan TI KBUMN Alex Denni, Direktur Utama MIND ID Orias Petrus Moedak, jajaran komisaris dan direksi anggota MIND ID, Mitra Program, serta para Mentor Peserta program diantaranya Ery Riyana Hardjapamekas, Kuntoro Mangkusubroto, dan Noke Kiroyan.

(akn/ega)