Bawaslu Medan Setop Laporan Akhyar Nasution Diduga Mau Pukul Panwascam

Datuk Haris - detikNews
Rabu, 04 Nov 2020 15:46 WIB
Cawalkot Medan petahana, Akhyar Nasution, mendatangi panggilan Bawaslu terkait laporan dugaan kampanye di fasilitas pendidikan (Datuk Haris/detikcom)
Cawalkot Medan Akhyar Nasution saat memenuhi panggilan Bawaslu Medan. (Datuk Haris/detikcom)
Medan -

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Medan, Provinsi Sumut, menghentikan proses laporan terhadap cawalkot Medan Akhyar Nasution, yang diduga hendak memukul anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam). Laporan disetop karena tidak memenuhi syarat pelanggaran pilkada.

"Hari ini sudah kita umumkan di papan pengumuman Bawaslu Kota Medan bahwa laporan Panwascam Medan Deli dihentikan dan itu rekomendasi dari Gakkumdu," kata Ketua Bawaslu Medan Payung Harahap saat dimintai konfirmasi detikcom, Rabu (4/11/2020).

Hal tersebut berdasarkan rekomendasi Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Medan. Bawaslu Medan juga sudah menggelar rapat pleno membahas laporan atas Akhyar.

"Sesuai rekomendasi Sentra Gakkumdu-Bawaslu Kota Medan, tidak memenuhi unsur-unsur dugaan pelanggaran pemilihan yang sebagaimana dimaksud Pasal 198 A UU No 6 Tahun 2020 dan hasil pleno Bawaslu Kota Medan juga sepakat mengikuti rekomendasi Sentra Gakkumdu tersebut," sebut Payung.

Sebelumnya, Akhyar dilaporkan ke Bawaslu Medan karena diduga hendak memukul anggota Panwascam pada Selasa (27/10) malam. Bawaslu mengatakan masalah ini telah dilimpahkan ke Gakkumdu.

"Iya (diduga mau memukul anggota Panwascam)," kata anggota Bawaslu Medan, Taufiqurrohman Munthe, saat dimintai konfirmasi, Jumat (30/10).

Akhyar juga sudah memenuhi panggilan Bawaslu Medan. Apa yang disampaikan Akhyar?

Selanjutnya
Halaman
1 2