Lumba-lumba Terdampar di Pantai Bali, Sempat Dievakuasi namun Mati

Angga Riza - detikNews
Rabu, 04 Nov 2020 14:02 WIB
Lumba-lumba ditemukan terdampar di Pantai Padang Galak dan mengalami luka-luka (dok BKSDA Bali)
Foto: Lumba-lumba ditemukan terdampar di Pantai Padang Galak dan mengalami luka-luka (dok BKSDA Bali)
Denpasar -

Seekor lumba-lumba ditemukan terdampar di Pantai Padang Galak, Sanur, Denpasar, Bali. Diduga lumba-lumba tersebut terdampar karena efek cuaca.

Lumba-lumba ditemukan terdampar dan sempat dievakuasi oleh warga sekitar dalam kondisi masih hidup, Selasa (3/11) kemarin. Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bali langsung mengevakuasi lumba-lumba ke Pesanggaran untuk dilakukan pengobatan.

Lumba-lumba tersebut ditemukan dalam kondisi luka di bagian moncongnya dan terdapat goresan di tubuhnya. Lumba-lumba dengan berat 60 kg dan panjang 270 cm tersebut diduga berumur 6-10 tahun.

"Mungkin iya karena efek cuaca ya mungkin sonarnya terganggu kemudian kebentur apa kayak moncongnya ada patah gitu, di beberapa bagian tubuhnya ada tergores-gores gitu. Sementara dugaannya seperti itu," kata Kepala TU BKSDA Bali Prawona Meruanto saat dihubungi detikcom, Rabu (4/11/2020).

Lumba-lumba ditemukan terdampar di Pantai Padang Galak dan mengalami luka-luka (dok BKSDA Bali)Lumba-lumba sempat dievakuasi dan diobati namun akhirnya mati (dok BKSDA Bali)

Setelah beberapa waktu dievakuasi ke kolam renang, lumba-lumba tersebut mati. Saat ini mamalia laut tersebut sudah dikuburkan.

"Saat ini sudah mati, sempat kita selamatkan di Pesanggaran kita udah masukin kolam untuk beberapa saat tapi kemudian dia meninggal. Udah dikasih vitamin segala macam diobatin lukanya terus kita masukin ke kolam," ujar Anto.

(jbr/jbr)