Sidang Surat Jalan Palsu, Brigjen Prasetijo Cecar Pelapor Kasusnya

Dwi Andayani - detikNews
Selasa, 03 Nov 2020 15:30 WIB
Jakarta -

Jaksa penuntut umum (JPU) menghadirkan Iwan Purwanto yang melaporkan Brigjen Prasetijo Utomo dalam kasus surat jalan palsu Djoko Tjandra. Dalam persidangan, Prasetijo tampak marah dan mencecar pertanyaan terkait alasan pelaporan atas dirinya.

Sidang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Jl. Dr. Sumarno, Cakung, Selasa (3/11/2020). Saksi Iwan diketahui merupakan personel di Subdit 5 Bareskrim Polri. Iwan juga mengatakan dirinya merupakan bawahan Prasetijo di Bareskrim meski tidak secara langsung.

Prasetijo sendiri mengikuti jalannya sidang melalui virtual, yang ditampilkan dalam layar di ruang persidangan. Dalam persidangan, Prasetijo menanyakan alasan Iwan melaporkan dirinya.

Mantan Karo Korwas PPNS Bareskrim Polri itu terdengar marah karena melontarkan pertanyaan dengan nada tinggi. Sesekali Prasetijo terlihat mengangkat tangan dan menunjuk ke arah kamera.

"Saudara tadi sebut yang melaporkan, apa alasannya melaporkan?" ujarnya.

Menjawab pertanyaan tersebut, Iwan mengaku dirinya melaporkan atas instruksi atasan. Iwan menyebut nama Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Pol Ferdy Sambo.

"Saya diminta pimpinan," kata Iwan.

Prasetijo kemudian menanyakan nama pimpinan yang dimaksud. Ia juga menanyakan kenapa bukan atasannya yang melapor.

"Siapa pimpinannya?" tanya Prasetijo.

"Kombes (saat ini berpangkat Brigjen) Pol Ferdy Sambo," jawab Iwan.

"Kenapa bukan atasan langsung berani melapor?" tanya Prasetijo lagi.

"Saya mengikuti perintah," tutur Iwan.

Selanjutnya >>>

Selanjutnya
Halaman
1 2