10 Pelajar yang Diamankan di Demo Kedubes Prancis Telah Dipulangkan

Isal Mawardi - detikNews
Selasa, 03 Nov 2020 11:10 WIB
Kapolres Jakpus Kombes, Heru Novianto (Farih-detikcom)
Kapolres Jakpus Kombes Heru Novianto (Farih/detikcom)
Jakarta -

Polisi menangkap 10 pelajar asal Bogor, Jawa Barat, yang ikut demo di Kedutaan Besar Prancis, kemarin. Saat ini, para pelajar tersebut sudah dipulangkan.

"Semalam dikembalikan ke ortunya tadi malam," ujar Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Heru Novianto kepada detikcom, Selasa (3/11/2020).

Heru mengatakan 10 pelajar tersebut dijemput oleh anggota Polres Bogor. Mereka dijemput di Polsek Menteng dan selanjutnya dibawa ke Bogor untuk dikembalikan ke orang tuanya masing-masing.

"Diantar ke rumah masing-masing," kata Heru.

Diketahui, Polres Metro Jakarta Pusat mengamankan 10 pelajar yang diketahui mengikuti aksi demo di Kedubes Prancis, Senin (2/11). Heru memastikan pelajar-pelajar itu bukan bagian dari ormas ataupun buruh.

Tadi yang di Kedutaan Prancis ada, ada 10 orang, mereka kami amankan, ada beberapa yang kita cek, memang dia dari buruh bukan, ormas bukan," ucapnya.

Pihak kepolisian juga menemukan sebuah pistol mainan dari tangan para pelajar tersebut.

"Intinya kita scanning karena tadi ada yang bawa pistol, pistol mainan. Memang mainan tapi kan nggak pada tempatnya dibawa ke tempat aksi seperti ini. Rata-rata pelajar di bawah 17 tahun semua," ujar dia.