Anies: DKI Siap Tampung Lonjakan Kasus Baru Corona Klaster Libur Panjang

Muhammad Ilman Nafian - detikNews
Senin, 02 Nov 2020 17:13 WIB
Anies Baswedan cek lokasi banjir di Ciganjur
Foto ilustrasi Gubernur Jakarta Anies Baswedan (Sachril/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku siap menghadapi lonjakan kasus baru COVID-19 usai libur panjang akhir pekan kemarin. Anies mengatakan pihaknya juga sudah meminta setiap RW agar warganya melapor apabila merasa bergejala sakit setelah bepergian.

"Gini, kalau kami dari sebelum liburan kami sudah meminta Gugus Tugas RW untuk mengabarkan warga, bila habis bepergian atau liburan dan mengalami gejala, segera ke puskesmas untuk dilakukan observasi, sehingga bila perlu dilakukan testing. Bila ada gejala bisa langsung dideteksi lebih awal," ujar Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (2/11/2020).

"Karena kami tahu bila terjadi libur panjang Agustus terjadi lonjakan kasus. Itu yang kami antisipasi," sambungnya.

Anies menyebut saat ini kapasitas tempat tidur ICU di rumah sakit rujukan COVID terisi sebanyak 60%. Sementara untuk tempat tidur rawat inap di rumah sakit khusus COVID-19 sebanyak 55%. Dengan kapasitas itu, Anies mengklaim DKI Jakarta siap menghadapi lonjakan kasus baru positif Corona.

Menurutnya, keterisian tempat tidur itu diperbarui per Sabtu (31/10). Saat ini, jumlah rumah sakit rujukan COVID di Jakarta sebanyak 98.

"Enam puluh (persen) itu ICU dan rawat inap 55% per Sabtu kemarin. Jadi kalau ada lonjakan, siap menampungnya," ucapnya.

(man/dnu)