Libur Cuti Bersama, Anies Wanti-wanti Kasus Corona Klaster Keluarga

Arief Ikhsanudin - detikNews
Rabu, 28 Okt 2020 14:34 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Facebook Pemprov DKI Jakarta)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Facebook Pemprov DKI Jakarta)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mewanti-wanti penularan kasus virus Corona (COVID-19) saat masa libur dan cuti bersama akhir Oktober ini. Dia menyebut klaster keluarga termasuk klaster yang tinggi.

"Penularan di ruang-ruang privat itu sangat tinggi angkanya, di Jakarta untuk klaster-klaster 39% dari kasus positif ditemukan di Jakarta adalah klaster keluarga," ucap Anies dalam akun YouTube Pemprov DKI Jakarta, Rabu (28/10/2020).

"Jumlah klasternya adalah 4.684 dan total positif sampai 36.659 kasus, artinya banyak sekali penularan yang justru terjadi di keluarga," sambungnya.

Menurut Anies, masyarakat sering lupa protokol kesehatan saat bersama keluarga atau orang dekat.

"Kita sering, karena merasa kenal, merasa saudara, maka tidak menggunakan masker dengan baik, tidak menjaga jarak, tidak mencuci tangan. Pada saat kita berada di kendaraan umum kita disiplin menjalankan 3M," katanya.

Anies mengingatkan agar protokol kesehatan tetap diterapkan meski saat berlibur. Jadi, bisa terhindar dari penularan virus Corona.

"Saya mengajak pada semuanya di masa liburan ini mari kita berlibur sambil menjaga kesehatan menjaga keselamatan melindungi sesama," katanya.

Anies juga menyampaikan selamat berlibur kepada seluruh masyarakat. Namun, dia berharap masyarakat Jakarta tetap berada di rumah.

"Selamat libur bersama keluarga, selamat menikmati masa-masa istirahat, dan selalu, dan sekali lagi usahakan tetap di rumah. Usahakan tetap selalu berada di lingkungan yang aman yaitu di mana, di rumah kita, terima kasih," katanya.

(aik/knv)