Jokowi Minta Penerima Beasiswa LPDP Promosikan Wisata-Investasi di RI

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Senin, 02 Nov 2020 16:28 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Joko Widodo. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi arahan kepada para penerima beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Jokowi meminta para penerima beasiswa menjadi duta yang menunjukkan wajah positif Indonesia di mata dunia.

Jokowi menjadi pembicara kunci dalam acara 'Studium Generale 2020: Rekacipta Generasi Muda Menuju Indonesia Emas' yang disiarkan langsung dalam kanal YouTube LPDP RI, Senin (2/11/2020). Jokowi yang menyampaikan sejumlah pesan kepada para penerima beasiswa LPDP itu awalnya bicara soal era disrupsi yang mempengaruhi aspek ekonomi hingga sosial dan kebudayaan.

"Saya ingin berpesan. Yang pertama, gunakan kesempatan ini untuk mengejar pengetahuan baru yang bermunculan. Disrupsi terjadi di seluruh sendi kehidupan kita, automatisasi, artificial intelligence, big data, dan lain-lain yang bukan hanya sebagai fenomena teknologi yang mempengaruhi lanskap ekonomi, tetapi juga mempengaruhi lanskap sosial, politik, dan kebudayaan," kata Jokowi.

Jokowi juga berpesan agar penerima beasiswa LPDP mengasah talenta yang bisa berguna saat mereka lulus nanti. Selain itu, Jokowi meminta para penerima beasiswa itu memperkokoh rasa kebangsaan dan ke-Indonesia-an mereka selama masa studi.

"Yang kedua, gunakan kesempatan ini untuk mengasah dan memperkuat karakter, mengasah talenta, memperkuat keterampilan yang sangat berguna kelak ketika saudara-saudara lulus. Yang ketiga, gunakan kesempatan ini untuk memperkokoh rasa kebangsaan, kemanusiaan, dan ke-Indonesia-an. Saya tahu saudara-saudara berasal dari berbagai pelosok Indonesia yang berbeda suku, berbeda agama, tetapi saudara-saudara, kita semua bersaudara sebangsa dan setanah air, Indonesia," ujarnya.

Tak hanya itu, Jokowi lalu menyebut bahwa para penerima beasiswa LPDP adalah duta Indonesia di mata dunia. Jokowi meminta para penerima beasiswa itu mempromosikan Indonesia agar menarik masyarakat internasional untuk berwisata hingga berinvestasi di Tanah Air.

Simak juga video 'Jokowi Prediksi Pertumbuhan Ekonomi RI Minus Lagi di Kuartal III':

[Gambas:Video 20detik]



Seperti apa pernyataan Jokowi? Simak di halaman selanjutnya.