Arus Balik, Menhub Cek Protap di Pelabuhan Bakauheni & Bandara Soetta

Nurcholis Maarif - detikNews
Minggu, 01 Nov 2020 20:42 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau Pelabuhan Bakauheni, Lampung dan Bandara Soekarno Hatta, Tangerang.
Foto: Dok. Kemenhub
Jakarta -

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau Pelabuhan Bakauheni, Lampung dan Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. Ia ingin memastikan arus balik libur panjang akhir Oktober 2020 berjalan dengan lancar dan telah menerapkan penerapan protokol kesehatan.

Ia mengatakan hari ini diprediksi menjadi puncak arus balik dari libur panjang memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Kedua simpul transportasi tersebut menjadi titik potensi terjadinya kepadatan penumpang pada libur panjang selain di jalur Tol Cikampek.

"Bakauheni adalah salah satu rute strategis yang harus dijaga dengan baik. Meskipun terlihat berjalan dengan lancar, tapi kita tetap tidak boleh lengah dan harus tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan," ujar Budi dalam keterangan tertulis, Minggu (1/11/2020).

Budi mengapresiasi seluruh pihak terkait, seperti TNI, Polri, Kementerian Perhubungan, Kementerian Kesehatan, Basarnas, dan stakeholder lainnya di Lampung yang telah kompak menerapkan protokol kesehatan.

"Saya terharu kekompakan dari Tim di Lampung ini kompak banget. Meski tugas Kita tidak mudah, namun masyarakat harus terus disosialisasikan tentang protokol kesehatan. Semoga apa yang kita lakukan bisa berjalan dengan baik," tandas Budi.

Berdasarkan data dari PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), pada libur panjang akhir Oktober, terjadi peningkatan penumpang dan kendaraan rata-rata kenaikan sekitar 6 persen dibandingkan hari normal.

Sementara itu di Bandara Soekarno Hatta, Budi juga mengapresiasi langkah-langkah yang dilakukan pengelola Bandara Angkasa Pura II, Airnav, Kantor Kesehatan Pelabuhan, dan instansi terkait lainnya untuk menjaga keselamatan penerbangan dan penerapan protokol kesehatan.

Lebih lanjut Budi mengatakan hari ini merupakan puncak arus kepulangan penumpang pada musim libur Maulid Nabi di Bandara Soekarno Hatta. Ia juga melakukan peninjauan tempat pengisian dokumen E-Hac di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta dan melakukan ramp check pesawat.

"Pada hari ini, ada lebih dari 600 flight di Bandara Soekarno Hatta. Saya berpesan agar AP2 bersama Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) mengawal penerapan protokol kesehatan di Bandara." ujarnya.

"Saya melihat proses penumpang internasional dan domestik mengisi E-Hac. Mereka bilang pelayanan excellent dan diperlakukan dengan baik. Oleh karenanya saya meminta teman-teman di Bandara agar memastikan penumpang masuk dan keluar bandara terlayani dengan baik," imbuhnya.

Dalam tinjauannya di Pelabuhan Bakauheni dan di Bandara Soekarno Hatta, Budi juga sempat membagikan masker sekaligus melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan.

Ia menjelaskan Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan rekomendasi agar masyarakat tidak menggunakan masker scuba dan menggantinya dengan masker kain. Hal tersebut harus diperhatikan agar semua selamat dari paparan virus COVID-19.

"Kalau kita memakai masker scuba virusnya masih bisa terhirup. Meskipun satu hal kecil, tetap harus diperhatikan," pungkasnya.

(akn/ega)