Arus Balik Libur Panjang, 270 Ribu Kendaraan Diprediksi Menuju Jakarta

Sudirman Wamad, Dony Indra Ramadhan - detikNews
Minggu, 01 Nov 2020 15:28 WIB
Kasubdit Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Direktorat Lalu Lintas Jalan Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub Rudi Irawan
Kasubdit Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Direktorat Lalu Lintas Jalan Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub Rudi Irawan (Foto: Sudirman Wamad)
Cirebon -

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi total kendaraan yang melintas menuju arah Jakarta selama arus balik libur panjang dan cuti bersama mencapai sekitar 270 ribu kendaraan.

"Prediksinya sekitar 270 ribuan kendaraan. Ini sesuai dengan arus mudik libur panjang dan cuti bersama kemarin," kata Kasubdit Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Direktorat Lalu Lintas Jalan Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub Rudi Irawan di pintu Tol Palimanan 4 Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Minggu (1/11/2020).

Rudi mengatakan hari ini merupakan puncak arus balik libur panjang dan cuti bersama. Peningkatan arus balik mulai terjadi sejak kemarin. Pihaknya bersama petugas kepolisian dan pengelola tol memberlakukan kebijakan untuk mengeluarkan angkutan golongan tiga hingga lima, yang mengarah ke Jakarta melalui Tol Cipali diarahkan untuk keluar menuju pantura Cirebon. Pemberlakuan pengalihan arus terhadap kendaraan besar ini dilakukan hingga Senin (2/11/2020) besok.

"Kalau prosentasenya angkutan besar ini sekitar 25 persen dari total kendaraan selama arus balik.
Seperti kita ketahui upaya ini untuk mengurangi beban volume kendaraan. Kemudian, angkutan besar ini kan kecepatannya lambat, bisa mengakibatkan kecelakaan tabrak belakang," kata Rudi.

Sebelumnya, Dirlantas Polda Jabar Kombes Pol Eddy Djunaedi mengatakan peningkatan volume kendaraan mulai terjadi pada Sabtu (31/10) siang. Eddy memprediksi seratusan kendaraan akan melintas menuju Jakarta dan Jateng via tol.

"Hari ini ada peningkatan sedikit, besok puncak. Masih ada sekitar 52 ribu kendaraan yang akan melintas dari timur (Jateng), dan sekitar 53 ribuan kendaraan dari Bandung," kata Eddy, Sabtu (31/10).

Tonton juga 'Hari Ini, 12 Ribu Penumpang Kereta Jarak Jauh akan Tiba di Jakarta!':

[Gambas:Video 20detik]