Arus Balik Akhir Libur Panjang, Tol Japek Arah Jakarta Contraflow 18 Km

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 01 Nov 2020 19:25 WIB
Jasa Marga memberlakukan contraflow di Tol JORR dari Bintara arah Cikampek. Contraflow itu untuk mengurai kemacetan di JORR KM 47.
Ilustrasi (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Kendaraan yang melintas ke arah Jakarta di Tol Jakarta-Cikampek (Japek) mengalami peningkatan di arus balik akhir libur panjang malam ini. Contraflow sepanjang 18 km pun diberlakukan.

"Untuk pantauan dari kami di arus balik memang sudah terlihat. Dan untuk kepadatannya ini di sekitaran Dawuan dan juga Karawang Barat," kata petugas call center NTMC Polri, Rio, saat dihubungi, Minggu (1/11/2020).


Rio mengatakan rekayasa lalu lintas berupa contraflow telah diberlakukan mulai dari km 65 hingga km 47 arah Jakarta. Contraflow diberlakukan sejak pukul 18.00 WIB.

"Untuk petugas sudah melakukan rekayasa lalu lintas itu diberlakukan contraflow dari km 65 hingga km 47. Ini kurang lebih sekitar 18 kilo diberlakukan contraflow," ujar Rio.

Dia menyebut contraflow kali ini akan bersifat situasional. Jika volume kendaraan terus meningkat, contraflow kemungkinan akan diperpanjang.

"Untuk contraflow bersifat situasional, nantinya jika memang untuk volume kendaraan masih meningkat ini akan diberlakukan contraflow lebih panjang jaraknya. Namun untuk saat ini hanya sekitar 18 km saja," katanya.

Rio menyebut kepadatan kendaraan terjadi di sekitara Dawuan. Kepadatang disebabkan oleh adanya rest area serta pertemuan kendaraan dari Tol Cikopo-Palimanan dan Tol Cipularang.

"Untuk kepadatannya masih berjalan, namun untuk kepadatannya hanya di sekitaran pertemuannya. Selebihnya ini lancar," pungkasnya.

Tonton juga 'Minggu Malam, Kendaraan di Ruas Tol Cikampek Km 54 Merayap!':

[Gambas:Video 20detik]

(fas/gbr)