Tawarkan Bantuan ke Turki, Prancis Dinilai Ambil Hikmah dari Momentum Gempa

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Minggu, 01 Nov 2020 06:52 WIB
Erdogan, Macron dan kontroversi kartun Nabi Muhammad: Turki serukan boikot produk Prancis
Presiden Turki, Erdogan dan Presiden Prancis, Macron (Foto: BBC World)
Jakarta -

Pemerintah Prancis menawarkan bantuan kemanusiaan kepada Turki usai peristiwa gempa bumi yang mengguncang laut Turki dan Yunani kemarin. Prancis dinilai berusaha mengambil hikmah dari gempa atas tawaran tersebut.

"Prancis berusaha mengambil hikmah dari momentum gempa," kata pengamat hubungan internasional dari Universitas Padjadjaran (Unpad), Teuku Rezasyah, kepada wartawan, Sabtu (31/10/2020).

"Mengamati keruwetan dalam hubungan bilateral yang sedang terjadi, maka wajar jika Prancis berharap jika niatan baik ini dapat membuktikan ketulusan hati pemerintah dan masyarakat Prancis. Sehingga memperbaiki dan meningkatkan hubungan di tingkat bilateral, regional, dan internasional," sambungnya.

Reza mengatakan Prancis akan menggunakan semua langkah diplomatik untuk mengembalikan citra negaranya yang mulai turun akhir-akhir ini. Salah satunya melalui bantuan kemanusiaan kepada Turki yang terdampak gempa.

"Sebagai pihak yang memberikan bantuan, maka Prancis akan menggunakan semua saluran diplomatik dan media internasional untuk mengembalikan citra Prancis yang sedang turun, menjadi citra yang berwibawa, tangguh, dan murah hati," jelasnya.

Lalu bagaimana dengan respons Turki? Reza menilai Turki memerlukan waktu untuk merespons tawaran itu. Simak pada halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2