2 Pria di Sumbar Ditangkap Kasus Sabu, Ternyata Simpan Ganja 135 Kg

Jabbar Ramdhani - detikNews
Jumat, 30 Okt 2020 16:18 WIB
Polda Sumbar mengungkap kasus sabu dan narkoba 135 kg (dok Polda Sumbar)
Polda Sumbar mengungkap kasus sabu dan narkoba 135 kg. (dok Polda Sumbar)
Jakarta -

Aparat gabungan Polres Lima Puluh Kota dan Polres Payakumbuh menangkap dua orang pria atas kasus narkotika jenis sabu. Polisi mengembangkan kasus dan menemukan ganja seberat 135 kg.

Kedua tersangka bernama Rangga (24) dan Yefri (32) di rumah di Jorong Jopang Manganti Nagari Jopang Manganti, Kecamatan Mungka, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat (Sumbar), pada Rabu (28/10) sekitar pukul 01.00 WIB.

Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Stefanus Satake Bayu mengatakan penangkapan kedua tersangka berawal dari informasi bahwa di Kecamatan Mungka, Lima Puluh Kota, sering terjadi penyalahgunaan narkotika.

"Pada saat dilakukan penangkapan dan penggeledahan ditemukan barang bukti berupa 3 paket kecil narkotika golongan I bukan tanaman jenis sabu yang dibungkus dengan plastik klip bening," kata Kombes Bayu, Jumat (30/10/2020).

Petugas lalu mengembangkan kasus dengan menggeledah rumah tersangka Rangga di Jorong Pabatungan Kenagarian Taeh Bukit, Kecamatan Payakumbuh, Kabupaten Lima Puluh Kota. Di lokasi ditemukan ganja lebih dari 1 kuintal.

"Disaksikan oleh perangkat nagari setempat pada saat penggeledahan ditemukan barang bukti berupa 135 kg paket besar narkotika golongan I tanaman jenis ganja kering yang dibalut dengan lakban warna kuning yang dimasukkan ke dalam karung plastik putih kombinasi biru merah, satu unit timbangan digital," ujarnya.

Kedua tersangka dibawa ke Polres Lima Puluh Kota untuk diperiksa lebih lanjut. Kasus sabu diproses di Polres Lima Puluh Kota. Sedangkan kasus ganja diproses di Polres Payakumbuh karena alasan locus delicti barang bukti tersebut ditemukan.

(jbr/idh)